Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 13 Juli 2012

Goes to Lombok < IDR 1.000.000, Bisa!

Siapa bilang traveling ke Lombok harus menghabiskan banyak uang hingga jutaan rupiah? Nyatanya, hanya dengan membawa uang Rp 750.000 Anda tetap bisa traveling nyaman ke Lombok. Tertarik?

Saat ini Lombok menjadi salah satu lokasi favorit para pelancong untuk liburan. Selain karena alamnya yang bagus, Lombok juga memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi.

Sayangnya, lokasi yang jauh menjadi penghambat para traveler yang ingin berlibur ke Lombok. Banyak yang beranggapan, untuk mencapai Lombok harus menyiapkan uang jutaan rupiah.

Disusun detikTravel, Jumat (13/7/2012), inilah cara asyik untuk liburan murah alias backpacker ke Lombok hanya dengan Rp 750.000, dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta.

Di hari pertama, pastikan Anda membawa makanan sendiri untuk bekal selama perjalanan. Utamakan membawa makanan kering agar bisa dinikmati kapan saja.

Perjalanan dimulai dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Surabaya Gubeng. Dengan Kereta Gaya Baru malam, Anda akan berangkat pukul 12.15 WIB dan tiba pukul 02.40 WIB dinihari dengan harga Rp 33.500.

Begitu tiba di Stasiun Gubeng, langsung pesan tiket kereta selanjutnya, jurusan Banyuwangi. Harga tiket kereta ini adalah Rp 24.000/orang. Tapi Anda harus sabar menunggu karena kereta baru berangkat pukul 14.00 WIB.

Sambil menunggu, Anda bisa beristirahat di dalam stasiun. Nah, begitu kereta tiba, Anda langsung bisa berangkat menuju Banyuwangi. Biasanya kereta akan tiba pukul 23.00 WIB.

Dari Banyuwangi, perjalanan masih dilanjutkan menuju Pelabuhan Kepatang yang tak jauh dari stasiun, yaitu sekitar 500 meter. Kemudian, menyeberanglah ke Pelabuhan Gilimanuk di Bali menggunakan feri dengan membayar Rp 6.000/orang.

Jangan terburu lelah, karena Anda sudah melalui setengah perjalanan. Begitu tiba di Gilimanuk, Anda harus kembali melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Padang Bai menggunakan bus. Tarif yang dikenakan adalah Rp 35.000/orang.

Setibanya di Padang Bai, segera beli tiket kapal menuju Pelabuhan Lembar di Lombok seharga Rp 36.000/orang. Setelah melalui perjalanan panjang selama 4 jam, tibalah Anda di Lombok. Selamat datang!

Salah satu lokasi asyik untuk berlibur yang ada di Lombok adalah bertualang di 3 gili, yaitu Gili Air, Meno dan Trawangan. Untuk menginap asyiknya Anda memilih Gili Trawangan karena masih terhitung sepi. Untuk mencapainya Anda bisa naik bus dari Mataram menuju pelabuhan penyeberangan kecil ke gili. Harga tiketnya adalah Rp 10.000.

Waktu tempuh yang harus Anda lalui untuk mencapai pelabuhan adalah sekitar 3 jam. Sedangkan tarif kapal kecil yang akan menyeberangkan Anda ke Gili Trawangan adalah Rp 9.000. Hanya sebentar waktu tempuhnya, yaitu sekitar 30 menit.

Kini Anda pun telah tiba di Gili Trawangan, liburan dimulai. Pulau kecil ini memiliki berbagai macam penginapan, mulai dari yang bintang 5 sampai khusus penginapan khusus backpacker. Nah, untuk Anda para traveler budget, sebaiknya memilih penginapan khusus backpacker. Harga kamar dibuka mulai Rp 50.000/malam untuk dua orang.

Setelah menemukan penginapan, saatnya berkeliling pulau. Karena Gili Trawangan dan gili lainnya melarang kendaraan bermotor untuk beroperasi, Anda bisa menggunakan sepeda yang disewakan. Harga sewanya Rp 24.000 untuk satu hari penuh.

Nikmatilah semilir angin laut dan udara bersih bebas polusi milik Gili Trawangan. Untuk makan, datang saja ke banyak warung yang menjual aneka makanan dengan harga murah. Cukup dengan membawa uang Rp 15.000, sebuah piring nasi lengkap dengan sayur dan lauk pauk tersedia dihadapan Anda.

Malam harinya, Anda bisa jalan-jalan ke Pasar Seni Gili Trawangan atau biasa disebut Sentral. Di sana turis bisa berkeliling dan menikmati suasana malam yang meriah khas Gili Trawangan. Puas berada jalan-jalan malam, saatnya istirahatkan tubuh Anda dengan kembali ke penginapan.

Sambutlah keesokan hari dengan sunrise di Pantai Timur Gili Trawangan. Lanjutlah dengan menikmati bawah laut Gili Trawangan. Anda bisa menyewa alat snorkeling melalui tempat penyewaan yang tersebar banyak di Gili Trawangan, dengan harga per alat Rp 35.000.

Puas bermain-main, kembali isi perut Anda dengan makanan yang banyak dijual warung-warung di dalam pulau, sama seperti hari sebelumnya. Jika sudah puas bermain air, Anda bisa kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Tapi ingat, jangan terlena dengan istirahat di dalam kamar. Bangunlah saat matahari akan tenggelam. Segera lari ke Pantai Barat Gili Trawangan dan temukan sunset paling cantik berlatarkan Gunung Agung di Pulau Bali.

Malam hari Anda bisa kembali berkeliling di Sentral atau bersiap-siap untuk pulang esok hari. Nah, untuk oleh-oleh Anda bisa membeli di Mataram saat perjalanan pulang. Umumnya, harga jual barang di Mataram lebih murah ketimbang di Gili.

Dengan membawa uang Rp 200.000 Anda sudah bisa membawa makanan khas Lombok dan kain tenun ikat ukuran kecil. Total biaya perjalanan pulang pergi sekitar Rp 750.000 saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar