Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 13 Juli 2012

7 Hal yang Harus Dicoba di Lombok

Lombok merupakan destinasi favorit bagi setiap traveler. Di sana terdapat gili, pantai-pantai eksotis, dan keindahan bawah laut yang keren. Jika Anda ingin traveling ke Lombok, maka 7 hal berikut ini wajib Anda lakukan.

Pesona Lombok, NTB, telah memikat hati setiap traveler. Tidak kalah dari Bali, Lombok memiliki alam berupa bawah laut yang cantik dan pasir putih yang menggoda. Tidak hanya traveler dalam negeri saja, para pelancong dari mancanegara juga sepakat akan keindahan Lombok yang menawan.

Disusun detikTravel, Jumat (13/7/2012), berikut 7 hal yang wajib Anda lakukan saat berkunjung ke Lombok:

1. Kunjungi tiga gili

Ada tiga gili atau pulau kecil yang terkenal di Lombok, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Ketiga pulau tersebut, letaknya berdekatan dan mudah untuk dikunjungi.

Ketiga gili ini layak disebut sebagai surganya para penyelam. Keindahan bawah lautnya akan mencuri hati Anda. Air yang jernih dan kaya akan biota laut, menjadikan kegiatan menyelam sebagai agenda wajib di gili-gili tersebut. Tidak hanya bawah airnya, pantai gili pun sangatlah menggoda. Hamparan pasir putih membuat Anda nyaman untuk menghabiskan waktu di pinggir pantai.

Uniknya lagi, di ketiga gili tersebut bebas dari polusi. Kendaraan bermotor dilarang di ketiga pulau kecil tersebut. Jadi, Anda akan mendapatkan kenyamanan lebih berupa udara segar tiap hari. Akomodasi yang lengkap dan masyarakatnya juga sangat ramah akan Anda temui di tempat ini, dijamin Anda akan berlibur sampai puas di sana.

2. Habiskan malam di Gili Trawangan

Jika Anda penggemar pesta hingga larut malam, Gili Trawangan adalah tempatnya. Tepatnya di Central atau biasa disebut Pasar Seni di Gili Trawangan, terdapat bar-bar dan cafe yang buka sepanjang larut malam.

Jejeran bar dan hingar bingar musik siap menyulap malam Anda Gili Trawangan menjadi meriah. Semua wisatawan, baik dari dalam dan luar negeri menjadi satu di tempat ini untuk berpesta. Tertarik?

3. Naik cidomo

Cidomo merupakan transportasi tradisional khas Lombok. Hampir sama dengan bendi di Sumbar atau andong di Yogya, cidomo adalah kereta yang ditarik dengan kuda. Uniknya, roda yang digunakan oleh cidomo adalah roda mobil. Ada sensasi tersendiri saat naik kendaraan ini.

Anda dapat menemukan cidomo di setiap daerah di Lombok. Di tiga gili, Gili Trawangan, Meno dan Air, kendaraan ini pun menjadi transportasi utama di pulau-pulau kecil tersebut. Naik cidomo akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Anda akan menjelajahi sudut-sudut Lombok yang cantik dengan kereta kuda ini. Jangan lupa siapkan kamera untuk membidik tempat-tempat yang menarik.

4. Bersantai di Pantai Senggigi

Ingin merasakan pasir putih dengan suasana alami? Datanglah ke Pantai Senggigi. Pantai ini terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, hanya berjarak sekitar 12 km dari Kota Mataram.

Pantai ini telah mencuri hati para traveler yang telah berkunjung ke sana. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih. Ombaknya sangat tenang, ditambah pantainya yang landai akan memanjakan Anda. Senja di Pantai Senggigi sangat terkenal dengan kecantikannya, ada cahaya keemasan di langitnya yang tanpa batas. Ada berbagai macam penginapan dan fasilitas lainnya yang akan membuat Anda nyaman selama berada di pantai ini.

Pantai Senggigi pun menjadi surga bagi para fotografer. Pantainya yang cantik akan menggoda siapa pun, baik itu wisatawan dalam dan mancanegara.

5. Beromantis ria di Gili Nanggu

Bagi Anda para pengantin baru atau sepasang kekasih, Gili Nanggu adalah tempat yang wajib dikunjungi. Pulau kecil ini berada di Lombok Barat, atau sekitar 1 jam perjalanan ke arah selatan Kota Pelabuhan Lembar.

Pulau seluas 8 hektar ini, memiliki resort dengan gaya tradisional lengkap dengan atap jeraminya. Meski terkesan tradisional, penginapan ini sangatlah nyaman dan menjadi referensi yang menarik sebagai tempat untuk berbulan madu. Pulau ini pun tidak terlalu ramai dan terdapat suasana yang tenang sepanjang waktunya.

Gili Nanggu juga memiliki pesona keindahan alam yang menawan. Berjalanlah menyusuri pantainya yang berpasir putih bersama pasangan, menikmati deburan ombak, dan memandangi lautan yang biru. Tak hanya itu, Anda juga bisa snorkeling untuk menikmati kekayaan alam bawah lautnya. Melihat ikan-ikan lucu dan terumbu karang berwarna-warni bersama pasangan akan terasa sangat menyenangkan.

6. Menikmati keindahan Gunung Rinjani

Taman Nasional Gunung Rinjani memiliki keindahan yang sempurna. Titik tertinggi di Lombok tersebut merupakan tempat idaman bagi setiap para pecinta alam. Ya, ada alam yang sungguh sempurna di sana.

Keindahan Taman Nasional Gunung Rinjani berupa Danau Segara Anak, lanskap hijau, dan kaldera maha besar. Anda juga bisa menuju ke puncak Gunung Rinjani untuk melihat salah satu pemandangan tercantik di Indonesia. Dari puncaknya, Anda dapat melihat puncak Gunung Agung di Bali, serta Gunung Tambora di Sumba. Awan-awan putih pun seolah berada dalam genggaman.

7. Belanja oleh-oleh di Mataram

Sebelum pulang, jangan lupa untuk mampir ke Mataram untuk belanja oleh-oleh. Selain pilihan barang lebih banyak jenisnya, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah di sana.

Ada banyak tempat penjualan suvenir yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Pasar Mataram. Masuk dan temukan aneka songket atau kain tenun ikat khas NTB. Cocok untuk oleh-oleh kerabat di kota asal.

Itulah tujuh hal yang wajib Anda lakukan di Lombok. Selain itu, masih ada kegiatan seru lain misalnya menyicipi kuliner khas Lombok yaitu ayam taliwang yang lezat dan menyewa sepeda untuk menyisiri pantai-pantai berpasir putih di tiap sudut Lombok. Selamat berkunjung ke Lombok dan nikmati pesonanya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar