Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 24 Juli 2012

Belajar Investasi dengan Manajemen By Amplop

Manajemen by amplop merupakan cara mudah untuk mengatur keuangan dengan menggunakan amplop khusus. Seperti dalam bukunya yang berjudul 'MBA, Manajemen By Amplop', perencana keuangan Aidil Akbar Madjid mengajarkan Anda bagaimana bisa berinvestasi dengan menggunakan teknik tersebut. Berikut ini langkah-langkah investasi dengan MBA, seperti dipaparkan Aidil:

1. Berapa Dana yang Disiapkan?
Dana yang harus dimasukkan ke dalam amplop investasi kisarannya sekitar 10-20% dari gaji bulanan. Idealnya adalah 25% dari penghasilan yang didapat.

2. Empat Sekat Amplop
Dalam bukunya, Aidil memberikan bonus salah satunya adalah amplop untuk ivestasi. Di dalam amplop tersebut ada empat sekat untuk empat keperluan investasi yang wajib Anda siapkan yaitu investasi pendidikan anak, investasi dana pensiun, investasi dana pembelian aset (DP mobil, rumah, dll) dan investasi dana untuk keperluan lain (misalnya naik haji).

3. Investasi Pendidikan Anak
Ketika sudah berkeluarga, salah satu dana yang biasanya akan dikeluarkan dalam jumlah cukup besar adalah untuk membayar biaya pendidikan anak. Seiring waktu, biaya pendidikan anak semakin mahal karena inflasi makin tinggi. Aidil pun menyarankan untuk memasukkan dana minimal Rp 250 ribu di sekat investasi dana pendidikan anak ini. Jika diinvestasikan secara rutin setiap bulan ke produk pasar modal seperti saham atau reksadana saham Anda bisa mendapatkan dana ratusan juta rupiah setelah 15 tahun.

 4. Investasi Dana Pensiun
Meskipun sudah memiliki dana pensiun dari perusahaan, tidak ada salahnya Anda menyiapkan tambahan. Menurut Aidil biasanya dana pensiun dari kantor hanya bisa memenuhi 25% dari kebutuhan dana setelah pensiun. Oleh karena itu sebaiknya siapkan dana minimal Rp 250 ribu per bulan dan investasikan di saham atau reksadana saham. Taruh di sekat dua amplop investasi.

5. Investasi Dana Pembelian Aset
Setiap orang pasti memiliki kebutuhan untuk membeli aset-aset tertentu seperti mobil atau rumah. Oleh karena itu Anda juga perlu menyiapkan uang untuk investasi dana pembelian aset. Investasi ini biasanya untuk membayar uang muka rumah atau mobil. Taruh uang tersebut di sekat tiga amplop investasi.

6. Investasi Dana untuk Keperluan Lain-lain
 Investasi di sekat keempat amplop ini bisa Anda siapkan untuk berbagai keperluan yang sifatnya jangka panjang. Misalnya rencana untuk naik haji atau liburan keliling Eropa. Investasi di sekat keempat ini bisa dilakukan jika ada kelebihan dana.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar