Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Rabu, 21 April 2010

Rumput Laut Lawan Obesitas

Jakarta - Rumput laut yang enak dijadikan agar-agar ataupun manisan ini ternyata memiliki manfaat yang cukup mengejutkan. Tak hanya dari segi rasa saja yang enak, konon rumput laut juga bisa melawan obesitas. Hmm..bagaimana ya?

Jangan anggap remeh tumbuhan laut ini. Meskipun penampilannya sederhana bahkan tidak ada yang istimewa, tapi kalau sudah dijadikan makanan, hmm.. rasanya sungguh enak! Rumput laut banyak sekali dibudidayakan karena kandungan serat alaminya yang cukup tinggi.

Bahkan beberapa penelitian terakhir menemukan fakta baru bahwa rumput laut mampu mencegah obesitas atau bahkan mampu menurunkan kadarnya juga. Sebenarnya rumput laut dan ganggang laut sejenis sudah dipercaya sejak lama untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh.

Bagi mereka yang sibuk, dengan menambahkan rumput laut ataupun ganggang laut lain mampu memberikan nutrisi ekstra yang kadang tidak terpenuhi seluruhnya kalau hanya dari makanan sehari-hari. Seperti berita yang dilansir BBC beberapa waktu lalu, bahwa para peneliti dari Newcastle University menemukan fakta baru kalau serat alami alginat-terdapat pada rumput laut-mampu mengurangi serapan lemak lebih dari 75% oleh tubuh.

Tak heran jika akhir-akhir ini banyak orang beralih ke makanan Jepang. Karena makanan jepang cukup banyak melibatkan rumput laut di dalamnya. Yah, meskipun terkadang makanan tersebut juga mengandung lemak jenuh  yang tak dibutuhkan oleh tubuh. Tapi karena ditambahkan rumput laut, lemak jenuh tersebut masih bisa diatasi oleh nutrisi dari si rumput laut.

"Hasil penelitian juga menyebutkan kalau serat alami juga bisa ditambahkan ke dalam produk makanan sehari-hari. Seperti roti, biskuet, kue, dan juga yoghurt agar lemak jahat dari makanan tidak terserap oleh tubuh seutuhnya," terang Dr. Iain Brownlee, salah seorang peneliti di Tyneside.

Menurutnya, kalau saja di setiap makanan ditambahkan serat alami seperti rumput laut, maka masalah obesitas yang banyak ditemui di setiap negara pasti bisa teratasi dengan mudah. Meskipun tidak semua produk makanan menggunakan rumput laut, tapi tak ada salahnya jika Anda mulai menerapkannya di rumah mulai sekarang.

Karena rumput laut dan ganggang laut sejenis menawarkan beberapa nutrisi penting yang bermanfaat untuk tubuh khususnya bagi mereka yang tengah menjalankan diet. Nutrisi tetap terjaga, dan Anda tetap bisa makan enak tanpa harus takut obesitas. Nah, apakah Anda akan mencoba nya di rumah?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar