Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 15 Juni 2012

Sering Gagal Bikin Kue? Mungkin Ini Faktornya

Pepatah 'semua orang bisa memasak, tapi tidak semua orang bisa memanggang' ada benarnya. Memanggang adalah paduan antara sains, alat, keterampilan, dan bahan-bahan terbaik. Jika semuanya pas, maka cake yang sempurna dapat dihasilkan.

Sering gagal bikin cake padahal sudah mengikuti resep? Menurut Huffington Post, mungkin penyebabnya adalah hal-hal sepele yang tidak tertulis dalam instruksi. Meski terlihat remeh, faktor-faktor berikut perlu diperhatikan agar kue tidak gosong, kempis, kurang matang, atau jadi rusak setelah dikeluarkan dari loyang. Apa saja?

1. Lupa mengolesi loyang dengan mentega dan tepung
Sebelum dituangi adonan, olesi loyang dengan mentega/margarin dulu lalu taburi sedikit tepung terigu. Ini agar cake mudah dikeluarkan dari loyang dan bentuknya cantik. Cake yang lengket perlu usaha untuk melepaskannya dari loyang. Selain kue rusak, alat yang digunakan juga dapat merusak loyang.

2. Tidak mengayak tepung
Mengayak tepung adalah salah satu tips kecil yang penting. Setelah diayak, tepung akan bebas dari gumpalan-gumpalan. Bahan pengembang seperti baking powder atau soda kue bisa menyatu dengan tepung. Hasilnya adalah cake yang halus dan permukaannya tidak berpori.

3. Adonan kurang aduk/terlalu banyak diaduk
Adonan tidak boleh kurang atau terlalu banyak diaduk. Mudah dilihat pada adonan cokelat yang warnanya tidak merata. Adonan yang terlalu banyak diaduk akan membuat udara masuk terlalu banyak, adonan turun, dan cake bantat.

4. Tidak menggunakan kertas roti
Selain diolesi mentega dan dilapisi terigu, loyang perlu dilapisi kertas roti terutama untuk cake dengan adonan mentega. Ini agar cake mudah dikeluarkan dari loyang setelah matang.

5. Tidak meratakan permukaan adonan
Setelah dituangkan ke dalam loyang, sebaiknya ratakan permukaan adonan agar cake jadi cantik setelah matang. Hal ini juga untuk mencegah timbulnya lubang-lubang udara di permukaan cake.

6. Mengetukkan loyang sebelum memanggang
Setelah permukaan adonan diratakan, ketukkan loyang perlahan ke atas meja agar gelembung udara yang terjebak dalam adonan kental dapat keluar. Hal ini mencegah cake kempis, bantat dan berpori permukaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar