Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Kamis, 21 Juni 2012

Chantilly Cream, Si Lembut Manis Mengelus Lidah

Krim berwarna putih dengan tekstur halus ini jadi primadona sebagai olesan cake. Meskipun berasal dari Perancis krim ini jadi favorit pencinta kue di dunia. Membuatnya tidak sulit, asal tahu triknya beragam aromapun bisa dibuat.

Hampir setiap Pastry Chef di dunia pernah membuat krim yang satu ini. Krim ini memiliki sejarah panjang. Diciptakan pertama kali di Chateau de Chantilly oleh Francois Vatel (1631-1671) yang punya nama Swiss asli Fritz Karl Watel.

Saat itu ada jamuan kehormatan untuk 2000 tamu yang diadakan Louis II, Prince of Borbón-Condé, untuk King Louis XIV. Sejak acara jamuan krim dari istana Chantilly ini menjadi terkenal hingga ke seluruh dunia.

Namun, ada sedikit kisah sedih di balik penciptaan krim ini. Konon Vatel setelah menciptakan krim ini bunuh diri dengan sebilah pedang. Karena ikan yang dipesannya untuk pesta tidak kunjung tiba. Pria yang terkenal perfeksionis ini memilih bunuh diri daripada malu.

Sebenarnya krim ini dikenal sebagai whipped cream beraroma vanili yang manis. Dibuat dari krim segar yang dikocok dengan gula dan esens vanili. Rahasianya terletak pada saat mengocok. Tidak boleh terlalu kencang dan lama karena kekentalannya harus sedang, pucuk busa krimnya tidak boleh terlalu tegak atau kental. Karena kelembutan yang jadi ciri utamanya.

Untuk membuat sendiri juga mudah. Kocok saja 300 ml krim segar (krim kental) bersama ½ sdt ekstrak vanili (lebih baik jika ada biji vanili) dan 1 sdm gula bubuk atau gula kastor hingga membentuk busa lembut. Krim siap dipakai untuk olesan cake atau menyajikan dessert lainnya. Jika tak habis dipakai simpan dalam wadah tertutup di lemari es. Selain vanili sering juga dipakai brandy sebagai perasa dan penambah aroma.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar