Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Rabu, 12 Oktober 2011

Orang Indonesia Tak Perlu Repot-repot Putihkan Kulit

Jakarta, Sebagian besar orang Indonesia kadang ingin sekali kulitnya terlihat putih, sehingga berbagai cara dilakukan. Padahal tak perlu repot-repot memutihkan kulit, karena kulit orang Indonesia lebih mampu menangkal ultraviolet.

"Orang Indonesia pengennya diputihin, padahal pigmentasi dari kulit berwarna ini gunanya untuk menangkal sinar ultraviolet," ujar Dr Nadia Yusaryahya, SpKK dalam acara media workshop Brand's Bird's Nest untuk bantu jaga kelembaban kulit dari dalam di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa (11/10/2011).

Dr Nadia menuturkan dengan adanya pigmentasi tersebut dan mampu menangkal sinar ultraviolet maka bisa mencegah terjadinya macam-macam penyakit seperti kanker kulit.

Selain itu kulit berwarna dari masyarakat yang tinggal di negara tropis lebih lambat mengalami kerutan dibandingkan dengan orang kulit putih atau ras kaukasian, karenanya seringkali dibilang lebih awet muda.

Salah satu yang membuat kulit menjadi berwarna kecokelatan adalah adanya kandungan melanin dalam kulit. Melanin ini memiliki fungsi melindungi lapisan epidermis dan juga dermis dari bahaya radiasi ultraviolet.

Meski mampu menangkal sinar ultraviolet, seseorang tetap memerlukan tambahan saat beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah kerusakan di kulit, salah satunya dengan menggunakan krim yang mengandung SPF.

"Minimal menggunakan tabir surya yang mengandung SPF 15 untuk orang-orang seperti kita yang beraktivitas sehari-hari seperti keluar masuk ruangan, tapi jika pekerjaannya memang di luar ruangan maka gunakan yang SPF nya lebih dari 15," ujar Dr Nadia.

Sedangkan masalah kulit yang paling sering dialami oleh perempuan Indonesia adalah timbulnya flek dan bercak-bercak di wajah, tapi jarang dialami oleh kaum laki-laki.

Dr Nadia menjelaskan hal ini karena diketahui kulit laki-laki 20 persen lebih tebal dibanding kulit perempuan serta mengandung kolagen yang lebih banyak sehingga lebih keras. Kondisi-kondisi ini yang membuat kulit cowok lebih tahan banting dibanding dengan kulit perempuan.

"Sementara itu kekurangannya adalah kulit laki-laki lebih berminyak sehingga masalah kulit yang paling sering dialami oleh laki-laki adalah mudah berjerawat," ujar dokter dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin divisi Geriatri FKUI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar