Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Rabu, 12 Oktober 2011

Kulit Kering Bikin Mudah Kuman Masuk

Salah satu masalah kesehatan kulit yang banyak dialami masyarakat adalah kulit kering, tapi sayangnya kadang diabaikan. Padahal kulit kering bisa bikin alergen dan benda asing mudah masuk ke kulit.

"Pada kulit kering pelindungnya (skin barrier) terganggu, jadi kalau ada alergen seperti kuman dapat masuk dengan mudah dan menyebabkan infeksi," ujar Dr Nadia Yusaryahya, SpKK dalam acara media workshop Brand's Bird's Nest untuk bantu jaga kelembaban kulit dari dalam di Hotel Shangrila, Selasa (11/10/2011).

Penyakit infeksi yang muncul seperti bisul atau impetigo (penyakit infeksi kulit). Sedangkan jika seseorang kulitnya normal maka ia akan mampu untuk menangkal atau mementalkan zat asing seperti alergen agar tidak bisa masuk ke dalam kulit.

Kulit kering disebabkan oleh berkurangnya kadar air di dalam kulit, biasanya ditandai dengan kulit bersisik atau yang lebih parah bisa menyebabkan cracking. Umumnya kulit kering ini memicu gatal dan jika digaruk maka kuman yang ada di tangan akan dengan mudah masuk ke dalam kulit dan menimbulkan infeksi.

Beberapa faktor bisa berperan terhadap munculnya kulit kering seperti gaya hidup (merokok, minum alkohol, kurang tidur dan pola makan yang buruk), lingkungan (sering terpapar AC, perubahan iklim, polusi, radiasi sinar ultraviolet) dan faktor lain seperti genetik, usia, kondisi kesehatan, stres dan personal care yang buruk.

"Selain itu kulit kering juga bisa berdampak terhadap kondisi lain yang parah seperti penuaan dini," ujar dokter dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin divisi geriatri FKUI.

Dr Nadia menuturkan pentingnya menjaga kandungan air agar kelembaban tubuh tetap terjaga sehingga bisa mendapatkan kulit yang sehat, terlebih di negara tropis seperti Indonesia yang mana kondisi cuacanya sering berubah-ubah.

Penanganan untuk kulit kering biasanya memggunakan krim topikal, atau jika tergolong ringan bisa dengan mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka. Jika ditangani dengan benar, kulit kering ini bisa kembali normal.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat sebaiknya mulai diperhatikan sejak usia 20 tahun yaitu dengan melakukan olahraga, mengonsumsi gizi yang baik, hindari rokok dan alkohol, mengonsumsi air yang cukup, menggunakan pelembab yang dapat melindungi lapisan luar kulit dan bisa diulang setiap 2-3 jam sekali serta perawatan dari dalam tubuh agar hasilnya lebih sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar