Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 15 Juni 2010

Kegunaan Sisir Sesuai Jenis Rambut

Menyisir rambut adalah salah satu ritual keseharian untuk menjaga agar rambut tetap indah dan sehat. Agar hasil maksimal, Anda harus pandai memilih sisir rambut yang tepat sesuai dengan jenis, ketebalan dan tekstur rambut Anda.

Sisir telah digunakan manusia sejak 5.000 tahun lalu. Sebuah penemuan arkeologis di Mesir bahkan menemukan bahwa sisir telah digunakan di negeri piramid tersebut sejak 5.500 SM. Dalam kebudayaan Cina kuno, sisir dikenakan sebagai aksesori yang mencerminkan status sosial seseorang.

Sekarang ini sisir tidak asing dan begitu akrab dengan keseharian Anda, sisir juga telah menjadi barang wajib yang digunakan untuk menata rambut. Jenis sisir pun semakin beragam, dibedakan berdasarkan fungsi dan jenis rambut.

1. Round hair brush
Sikat rambut berbentuk bulat biasanya digunakan untuk memberikan efek ikal pada rambut. Semakin kecil diameter sikatnya, semakin ikal yang dihasilkan. Untuk rambut pendek, gunakan sikat berdiameter kecil untuk membuat ikal pada bagian rambut tertentu. Sedangkan jika rambut Anda panjang, gunakan sikat berdiameter besar untuk mengeriting ujung rambut atau untuk meluruskannya.

2. Vent hair brush
Sikat rambut ini memiliki celah ditengah bagian pangkalnya, sehingga memungkinkan udara mengalir melewati sikat untuk mempercepat proses pengeringan rambut pada saat blow dry. Sikat ini dapat menambah volume dan mengurai rambut yang kusut.

3. Paddle hair brush
Sisir ini memiliki dasar berupa bantalan karet yang lebar dan rata. Sangat cocok untuk meluruskan rambut medium atau panjang. Sikat rambut jenis ini berfungsi untuk menghaluskan sekaligus membuat rambut tampak lebih panjang. Paling baik digunakan untuk gaya rambut yang tidak memiliki terlalu banyak layer.


4. Cushion hair brush
Sikat rambut ini juga diciptakan untuk rambut medium atau panjang, bisa berfungsi untuk memijat kulit kepala. Mengapa disebut cushion? Perhatikan dasar sisir bagian dalam, ada volume lunak serupa bantal. Itulah yang berguna untuk membuat rambut panjang tebal tidak mudah rontok saat disisir.

5. Tooth Comb
Jenis sisir ini bentuknya lurus pipih dengan gerigi yang membuat jenis ini sangat praktis dibawa. Tooth comb juga sering dibawa kaum pria di saku celananya. Berdasarkan kerapatan geriginya, sisir ini dapat dibagi menjadi sisir bergerigi rapat dan sisir bergerigi jarang.

Penggunaannya dapat disesuaikan dengan ketebalan rambut. Semakin rapat gerigi sisir kemungkinan rambut rontok semakin besar terlebih jika rambut kusut, tetapi hasilnya rambut akan lebih rapi.

6. Tail Comb
Dikenal sebagai sisir sasak. Fungsinya untuk menyasak rambut. Jenis ini mempunyai gigi yang rapat pada setengah bagiannya. Sedangkan setengah bagian sisanya tidak bergerigi menyerupai ekor sisir.

Ekor sisir berfungsi untuk memisahkan bagian rambut atau membentuk belahan rambut
untuk dikepang, curly, atau tatanan rambut lainnya. Jarak antar gigi yang rapat akan memudahkan untuk menyasak rambut sebelum disanggul.

7. The pick
Popular dengan nama sisir garpu, karena bentuknya yang menyerupai garpu. Sisir jenis ini cocok digunakan bagi Anda yang memiliki rambut keriting karena dapat memisahkan rambut ikal atau keriting yang sulit dipisahkan. Selain itu sisir ini dapat mempertegas gelombang rambut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar