Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 15 Juni 2010

Firstimer Abroad? Baca Dulu Tips Ini

Merencanakan perjalanan ke luar negeri pastinya berbeda dengan melancong di dalam negeri. Sebelum berangkat, baca dulu tips ini agar perjalanan anda semakin menyenangkan.

Paspor dan Visa
Paspor: Untuk pergi ke luar negeri pastinya Anda memerlukan paspor. Proses pembuatan paspor biasanya bervariasi mulai dari 5 hari sampai dengan 10 hari. Pastikan Anda menyisihkan cukup waktu untuk membuat paspor sebelum jadwal keberangkatan Anda. Note: nama di paspor harus sama dengan nama di tiket yang Anda pesan.

Visa: Beberapa negara selain negara ASEAN mensyaratkan pembuatan visa sebelum berangkat jika Anda ingin melancong ke negaranya. Proses pembuatan visa bisa memakan waktu paling cepat 3 hari atau bisa sampai 2 bulan. Cek saja ke website kedutaan yang dimaksud untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Lihat juga syarat-syarat lain yang diperlukan untuk mendapat visa seperti jumlah saldo rekening yang cukup atau surat dari perusahaan.


Momen yang Pas Untuk Mengunjungi Suatu Negara
Jangan sampai kunjungan Anda menjadi tidak berkesan karena Anda salah memilih waktu. Pada hari-hari besar yang dirayakan oleh mayoritas warga negara tersebut, seperti Chinese New Year atau Lebaran bisa jadi banyak tempat wisata atau toko-toko yang tutup. Di sisi lain, mengunjungi suatu negara saat ada perayaan besar tertentu bisa jadi menguntungkan karena Anda bisa menikmati momen yang langka atau suasana yang berbeda. Pada hari-hari spesial juga banyak toko akan menggelar diskon-diskon khusus.

Berwisata pada high season Juni-Agustus juga sebaiknya dihindari untuk Anda yang ingin berhemat. Biasanya hotel-hotel dan pesawat akan mematok harga yang lebih tinggi.

Mata Uang
Pastikan Anda menukar mata uang negara yang Anda tuju sebelum Anda berangkat ke luar negeri. Lebih menguntungkan untuk menukar uang di negara asal dibanding di negara tujuan Anda. Jika Anda tidak yakin berapa jumlah yang akan dihabiskan, tukarkan sebagian uang Anda dengan mata uang yang lebih netral seperti dollar Amerika.

Barang Bawaan
Larangan Bawaan: Pelajari ketentuan jumlah uang maksimal yang boleh dibawa dan larangan barang-barang yang boleh dibawa pada masing-masing negara. Ketentuan tersebut bisa berbeda-beda sesuai dengan kebijakan negara. Untuk Anda yang merokok, banyak negara yang memasang batasan jumlah rokok atau sama sekali melarang Anda membawa rokok. Beberapa negara juga memberlakukan larangan untuk bawaan makanan basah atau mie instan.

Bawaan pribadi: Untuk perjalanan ke luar negeri maksimum cairan yang dibawa ke cabin atau handcarry umumnya adalah 10ml per container dengan jumlah maksimum 1 liter. Untuk ibu yang membawa bayi, diperbolehkan membawa ASI/Susu dengan jumlah maksimum 90ml. Jika harus membawa cairan lain dalam jumlah besar, semisal parfum, masukan dalam koper yang akan disimpan di bagasi pesawat.

Pakaian: Yang perlu diperhatikan adalah pada musim apa Anda mengunjungi sebuah negara. Jangan sampai Anda terlalu banyak membawa celana pendek padahal negara yang akan Anda kunjungi sedang mengalami musim salju. Selain itu pilih pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat untuk kenyamanan kegiatan jalan-jalan Anda. Jangan lupa bawa satu pakaian yang cukup formal siapa tahu Anda akan mengunjungi sebuah tempat yang fancy atau acara resmi.

5. Jam Keberangkatan

Nah, sekarang Anda siap berangkat. Jika ingin perjalanan Anda nyaman, pastikan tiba di airport dua jam sebelum keberangkatan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pergi ke counter check in sesuai dengan maskapai dan jurusan penerbangan Anda. Pastikan paspor Anda sudah berisi visa negara yang dituju jika dibutuhkan. Jangan lupa juga perhatikan berat barang bawaan agar tidak melebihi ketentuan yang berlaku pada setiap penumpang. Jika perjalanan pesawat Anda cukup panjang, pastikan Anda menyisihkan beberapa baju ganti di tas yang akan Anda bawa ke kabin pesawat.

Selesai check in, lengkapi kartu keberangkatan Anda dan untuk yang memiliki NPWP bisa segera menuju konten NPWP untuk meminta cap bebas fiskal. Dengan cap tersebut Anda bebas dari biaya fiskal sebesar Rp 2,5 juta. Untuk ketentuan NPWP keluarga Anda bisa memeriksanya di situs resmi dirjen pajak.

Setelah itu Anda bisa langsung menuju loket imigrasi untuk melanjutkan perjalanan. Di dalam pesawat Anda akan dibagikan kartu keberangkatan untuk diisi dengan data-data sesuai dengan profil dan rencana perjalanan Anda. Pastikan kartu ini sudah diisi sebelum Anda mendarat di negara tujuan. Jika pesawat tidak membagikan kartu tersebut, Anda bisa menemukannya sebelum Anda memasuki konter imigrasi di negara tujuan. Pastikan Anda sudah tahu dimana tempat tinggal dan tujuan Anda untuk mempermudah pemeriksaan.



6. Telekomunikasi dan Kartu Kredit
Hampir semua kartu GSM Pascabayar bisa digunakan di luar negeri. Beberapa mensyaratkan pendaftaran terlebih dahulu. Pastikan Anda telah melakukan registrasi setidaknya 1 pekan sebelum Anda berangkat jika ingin menggunakan kartu GSM Anda. Untuk kartu prabayar, biasanya ada jumlah minimum pulsa yang disyaratkan. Anda bisa cek ke masing-masing provider untuk persyaratannya. Jangan lupa juga cek biaya roaming telepon seluler Anda agar tidak kaget ketika melihat tagihan.

Jika Anda berniat tinggal cukup lama di suatu negara dan akan banyak melakukan kontak telepon, lebih baik Anda membeli kartu sim lokal di negara tersebut. Kartu kredit master card dan visa umumnya bisa digunakan di hampir semua negara, cek dengan penerbit kartu Anda untuk biaya-biaya apa yang kemungkinan akan muncul dan nilai tukar yang berlaku.


7. Getting Around

Moda transportasi apa yang akan digunakan di tempat tujuan tergantung dengan budget travel Anda. Untuk yang punya budget unlimited bisa menyewa mobil atau naik taxi kemana saja. Sedangkan untuk yang berbudget ketat bisa naik transportasi umum atau jalan kaki untuk jarak yang cukup dekat. Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang nyaman. Ketika Anda mendarat di airport negara tujuan, jangan lupa mengambil peta yang biasanya disediakan untuk para turis.

Untuk yang ingin menggunakan kendaraan umum, beberapa negara memiliki tourist pass untuk kenyamanan Anda ketika bepergian. Tourist pass ini biasanya bisa digunakan sepuasnya dan berlaku dalam jangka waktu tertentu. Informasi seperti ini umumnya tersedia di situs pariwisata masing-masing negara. Jika tidak ada, Anda bisa tanyakan di tourist information yang bisa Anda temukan di bandara atau tempat-tempat wisata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar