Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 25 Juni 2010

Bila Lidah Berwarna Hijau

Mulut sering dianggap sebagai cerminan dari kesehatan secara keseluruhan. Itulah mengapa segala bentuk gangguan dalam rongga mulut terutama lidah, kerap dikaitkan dengan gangguan pada tubuh sering . Lalu apa artinya bila lidah berwarna hijau?

Secara normal lidah berwarna pink kemerahan dengan tekstur normal terlihat halus dan lembut. Namun, bila ada lesi (bintil berisi cairan) atau berbagai macam infeksi, lidah akan mengalami perubahan warna dan tampilan.

Bila warna lidah berubah menjadi hijau, bisa jadi menandakan adanya infeksi lokal atau gangguan sistemik di dalam tubuh.

Seperti dilansir dari Buzzle, Jumat (25/6/2010), berikut beberapa penyebab terjadinya perubahan warna hijau pada lidah:

1. Sindrom lidah berbulu


Sindrom lidah berbulu (Hairy Tongue Syndrome) atau lingua villosa nigra merupakan kondisi yang mana ada pertumbuhan papila filiform (bagian menonjol pada selaput yang berlendir di bagian atas lidah) berlebih pada permukaan dorsal lidah.

Bila bakteri menginfeksi papila ini, maka terjadi perubahan warna pada lidah, biasanya lidah akan tampak berwarna hitam atau hijau.

2. Kandidiasis mulut (oral)

Salah satu kondisi yang paling umum dapat menyebabkan lidah berwarna hijau adalah jamur oral atau jamur mulut, biasanya disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans.

Kondisi ini terutama terjadi karena infeksi oportunistik pada orang dengan kekebalan tubuh tidak normal. Hal ini juga terlihat pada orang yang memakai gigi palsu yang tidak pas (prostesis) dalam waktu yang sangat lama.

3. Penyebab lain

Iritasi tenggorokan juga dapat menyebabkan lidah berwarna hijau, karena bisa menjadi perpanjangan dari infeksi saluran pernafasan atas.

Selain itu, penggunaan antibiotik jangka panjang, merokok, obat kumur dan pasta gigi tertentu, narkoba, atau yang tidak berhubungan dengan kesehatan adalah permen dengan pewarna hijau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar