Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 24 September 2012

Produk Kecantikan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Ketika hamil, ibu harus lebih berhati-hati dalam menjaga dan merawat dirinya. Wanita hamil juga harus menghindari penggunaan beberapa produk kecantikan yang diketahui dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi kehamilan dan kondisi bayi ketika lahir.

Berikut 5 produk kecantikan yang harus dihindari selama kehamilan, seperti dilansir realbeauty, Senin (24/09/2012) antara lain:

1. Obat jerawat

Produk obat jerawat yang mengandung accutane, retin-A dan tetrasiklin harus dihindari saat hamil karena dapat menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi. Untuk melawan bakteri penyebab jerawat, produk obat jerawat menggunakan bahan-bahan tersebut dalam dosis yang tinggi dan berbahaya jika digunakan ketika hamil.

Selain itu, dosis rendah retinoid atau asam salisilat, bahan yang terkandung dalam lotion antipenuaan dan perawatan noda hitam di wajah juga tidak aman digunakan ketika hamil. Dosis tinggi vitamin A pada produk tersebut berbahaya bagi kesehatan janin.

2. Produk kecantikan yang terlalu wangi

Phthalates adalah zat kimia yang sering ditemukan dalam produk kecantikan dengan bau wangi yang tajam seperti body lotion, parfum, dan body spray. Zat kimia tersebut berbahaya karena dapat menghentikan perkembangan janin dalam kandungan.

Bahan phtalates tersebut tidak selalu dicantumkan dalam kemasan produk kecantikan, sehingga Anda perlu menghindari produk kecantikan yang terlalu wangi selama kehamilan.

3. Krim pemutih kulit

Produk pemutih mengandung bahan kimia yang disebut hydroquinone atau glutathione yang digunakan untuk memutihkan kulit. Produk tersebut mempengaruhi enzim dalam tubuh yang memproduksi melanin, sehingga menghalangi proses pembentukan kulit bayi yang sehat secara alami sejak dalam kandungan.

Selain itu, bahan-bahan ini juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang dan harus dihindari saat hamil atau menyusui.

4. Cat kuku atau kuteks

Cat kuku dan cairan penghilang cat diketahui mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kehamilan seperti cacat lahir dan terhambatnya pertumbuhan serta perkembangan janin.

5. Tanning

Tanning atau penggelapan warna kulit dengan tujuan agar kulit tampak eksotis, sangat berbahaya jika dilakukan ketika sedang hamil. Bahan utama yang digunakan untuk menggelapkan kulit adalah dihidroksiaseton (DHA) yang mungkin dapat terserap ke dalam aliran darah.

Ada beberapa indikasi bahwa DHA mungkin menjadi penyebab kerusakan DNA. Oleh karena itu, sebaiknya hindari prosedur tanning selama kehamilan agar tidak menimbulkan risiko yang mungkin berbahaya bagi janin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar