Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 17 September 2012

Obat Radang Tenggorokan Alami

44Radang tenggorokan memang kerap menimpa seseorang. Penyebab radang tenggorokan sendiri memang bermacam-macam, tapi umumnya kondisi ini akan dialami seseorang karena daya tubuhnya sedang menurun. Saat daya tahan tubuh menurun, disinilah virus dengan mudah menyerang dan menyebabkan terjadinya peradangan pada tenggorakan.
Berbagai hal yang bisa menyebabkan kondisi daya tahan tubuh menurun dan memicu radang tenggorokan adalah seperti gaya hidup yang kurang sehat, tidur terlalu larut malam, mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, bahkan kondisi cuaca yang kadang berubah dengan ekstrem juga dapat menjadi pemicu.

Adapun obat radang tenggorokan alami ini terdiri dari 3 macam dan dengan mudah dapat ditemukan didapur Anda. Apa saja obat radang tenggorokan alami tersebut? Berikut adalah penjelasannya:

1. Berkumur dengan Air Garam
Mengatasi radang tenggorokan secara tradisional bisa dilakukan dengan cara berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam dapur. Campurkan satu sendok teh garam kedalam air hangat. Dan cobalah melakukan ini satu kali dalam sehari, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini gunakan air hangat dan bukan air panas.

2. Madu dan Air hangat
Satu sendok makan madu yang dicampur air hangat dan lemon adalah obat alami yang baik untuk radang tenggorokan. Ramuan madu dan campuran air hangat ini dapat melapisi tenggorokan dan menenangkan iritasi.

3. Bawang putih
Bawang putih juga bisa dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan. Caranya adalah dengan menghangatkan satu atau dua siung bawang putih dalam microwave salam 10 hingga 15 detik. Bawang putih yang sudah dihangatkan kemudian ditekan dan dimakan langsung. Hal ini dapat dilakukan sekali dalam sehari, hingga sakit radang tenggorokan mereda.


4. Jahe dan Kayu Manis (akar manis)
Air rebusan jahe dan kayu manis dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan. Tambahkan gula merah atau madu jika ingin mendapatkan rasa yang enak. Lakukan 2-3 kali sehari selama masa pengobatan
Demikianlah beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk mengatasi radang tenggorokan yang sedang kamu alami. Namun dalah hal ini perlu juga teman-teman ketahui tentang cara pencegahan terjadinya radang tenggorokan yang berulang-ulang terjadi. Adapun cara mengatasinya dapat dilakukan dengan menjaga pola hidup sehat agar daya tubuh selalu terjaga.

Menderita sakit tenggorokan memang gangguan yang tidak mengenakkan. Selain menghambat aktivitas, kenyamanan tidur pun tak tercipta. Jika tak sempat ke dokter, Anda dapat mengatasinya dengan obat tradisional yang ada di dapur Anda. Inilah beberapa asupan yang dapat digunakan, sebagaimana dilansir Healthmeup:

Pisang

Selain rasanya yang tak asam, pisang merupakan buah yang bertekstur lembut sehingga aman saat dikonsumsi ketika tenggorokan sedang sakit. Buah yang sangat mudah untuk ditelan ini merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah, tetapi kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.

Sup ayam
Sup ayam merupakan "obat kuno" untuk memerangi sakit tenggorokan. Semangkuk sup ayam hangat mengalahkan antibiotik. Sup ayam mengandung "properti" anti-peradangan ringan dan membantu dalam mengurangi kemacetan akibat virus berkontak dengan membran lendir. Buatlah sup ayam Anda kaya gizi dengan dipenuhi wortel, bawang, seledri, lobak, ubi jalar, dan bawang putih, yang semua nutrisinya dikenal bermanfaat dan ampuh dalam masa-masa penyembuhan.

Lemon yang dicampur madu

Campuran sari lemon dan madu juga merupakan "obat" alternatif yang sangat baik untuk meredakan sakit tenggorokan. Campuran ini juga bagus ketika tenggorokan mulai terasa meradang. Sakit tenggorokan Anda akan segera merasa lebih baik dengan karena mengurangi peradangan.

Telur orak-arik atau putih telur

Telur orak arik atau putih telur rebus merupakan sumber protein yang bagus untuk menangani peradangan. Makanan ini juga mudah dicerna dan tak sakit jika ditelan saat sakit tenggorakan. Namun, pastikan Anda tidak memuat hidangan dengan bumbu karena dapat memperburuk rasa sakit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar