Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 02 Februari 2010

Panduan Memilih Pelembap Wajah

PELEMBAP punya manfaat yang sangat besar terhadap kulit. Pelembap dapat membantu kulit untuk menjaga kadar air dan membuat wajah tetap lentur. Pelembap juga menjaga kulit dari bahaya dehidrasi.
 
Berikut panduan untuk memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit wajah:

Kulit yang terlihat mengkilap

Kulit yang mengkilap jenis kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit wajah berminyak dan tinggal di daerah beriklim panas, tidak perlu menggunakan pelembab. Sebab, sebum yang Anda miliki sudah cukup menjaga kelembapan dan kelenturan kulit. Tapi jika Anda tinggal di daerah dingin atau sering berada di ruangan ber-AC, kemungkinan kulit akan terlihat kering di beberapa bagian. Misalnya di bagian hidung, bagian bawah dagu, dan seputar garis rambut. Anda dapat menggunakan pelembap hanya pada bagian yang terasa kering. Gunakan pelembap tanpa minyak (oil free).
 
Kulit berjerawat
 
Jika anda menggunakan pelembap dan tiba-tiba timbul jerawat, kemungkinan besar pelembab itu terlalu berat untuk jenis kulit Anda. Gantilah dengan pelembap yang teksturnya lebih ringan. Misalnya, pelembap dalam bentuk cream atau dalam bentuk lotion maupun gel. Cermati pula label pelembab. Jika tertulis water based, pelembap tersebut menggunakan air sebagai bahan dasarnya dan bukan minyak. Itu artinya sesuai dengan kulit berjerawat. Kalau tertulis non comedogenic, produk tersebut berguna untuk menutupi pori-pori yang terlalu besar.
 
Kulit kering
 
Jika kulit kering bahkan terasa perih dan ketat, kemungkinan besar pelembap yang digunakan tidak cukup memberikan kadar air. Ganti dengan pelembab yang teksturnya lebih berat seperti krim. Jika masih terasa kering, pada malam hari gunakan juga pelembap dalam bentuk serum. Jika berada di daerah panas, gunakan pelembab lotion dalam frekuensi yang lebih sering.

Kulit sensitif
 
Jika kulit disertai rasa panas dan bercak kemerahan, itu adalah salah satu tanda dari reaksi alerhi yang timbul. Hal ini biasanya terjasi pada kulit jenis sensitif (peka). Kulit jenis ini alergi terhadap hampir semua bahan yang terdapat pada pelembap. Misalnya, bahan pewangi, pewarna, pengawet, dan sebagainya. Karena itu, gunakan pelembab khusus untuk kulit sensitif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar