Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 02 Februari 2010

Menguak 6 Jenis Karakter Rambut

RAMBUT adalah mahkota berharga bagi kaum wanita. Untuk itulah wanita dituntut pintar merawat rambut agar terlihat indah. Sayangnya, tidak sedikit wanita bingung mencari perawatan rambut yang tepat.  
 
Agar tak salah dalam merawat rambut, Anda harus mengetahui jenis karakter rambut terlebih dahulu. Di mana ada enam jenis karakter rambut yang perlu Anda ketahui.
 
Berikut enam jenis karakter rambut, seperti dikutip dalam buku “Hair Do 2010 Basic Personal Hair Do” dari Puspita Martha International Beauty School”.
 
Rambut Ikal
 
Susun sisik pada kutikula rambut biasanya tak tersusun rapi mendatar karena batang rambut tidak kusam dan frizzy. Untuk menjaga jenis rambut seperti ini selalu terlihat sehat, gunakanlah sampo dan kondisioner yang kaya akan kandungan pelembap. Gantilah sampo dan kondisioner secara berkala setiap 6 bulan, namun pastikan Anda tetap memakai jenis sampo dan kondisioner yang sama. Hal ini penting dilakukan agar rambut ”terbiasa” dengan kosmetik perawatan yang sama sehingga tidak memberi efek apa pun. Biasakan untuk mengeringkan rambut ikal secara alami. Hindari menyisir rambut ikal dalam keadaan kering, karena akan membuat rambut menjadi frizzy . Sebaiknya gunakan jemari untuk menyisirnya.
 
Rambut Keriting
 
Rambut jenis ini disebut juga rambut afro. Karakter dari rambut ini adalah kering dan kasar, karena itulah jenis rambut ni cenderung mudah patah dan rusak. Untuk menjaga kondisi agar helaian rambut keriting menjadi lebih halus dan elastis, pijat kulit kepala secara saksama menggunakan kondisioner rambut sebelum keramas untuk merangsang produk kelenjar sebaceous. Gunakan juga kondisioner rambut yang formulanya kaya akan pelembap. Sebulan sekali, lakukan perawatan hot-oil. Agar terhindar dari masalah rambut kusut, biasakan menyisir rambut memakai sisir bergigi jarang. Atau gunakan sisir sikat berbulu alami agar helaian rambut menjadi rileks.
 
Rambut Lurus
 
Batang rambut jenis ini sangatlah lurus. Karena itulah jika rambut dalam kondisi sehat dan prima, sisik rambut pada kutikula rambut akan tersusun rapi mendatar, membuat rambut tampak halus dan berkilau. Untuk mempertahankan kondisi rambut bertekstur lurus, gunakan sampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut. Gunakan pula hair serum secukupnya untuk mempertahankan kekuatan kutikula rambut. Agar terhindar  dari masalah rambut bercabang, lakukan pengguntingan ujung-ujung rambut secara berkala (trimming).
 
Rambut Kasar
 
Rambut bertekstur seperti ini biasanya akan terlihat kering dan kusur, terutama sehabis mencuci rambut. Untuk meningkatkan kondisinya, cuci rambut dengan sampo dan kondisioner yang kaya akan pelembap. Gunakan juga serum atau leave-in conditioner setiap akan beraktivitas, terutama di luar ruangan. Sedangkan untuk mempertahankan kondisi kutikula rambut agar tersusun rapi dan mendatar, lakukan perawatan deep-conditioning secara rutin.
 
Rambut Halus
 
Rambut jenis ini biasanya terlihat bervolume, lemas, lepek, setiap habis dicuci. Kondisi ini semakin parah jika Anda memberinya terlalu banyak kondisioner. Agar helaian rambut tampak lebih bervolume, gunakanlah sampo juga kondisioner yang diformulasikan untuk memberikan volume pada rambut. Jika perlu, gunakan juga produk penataan untuk membantu memberikan volume secara maksimal pada rambut.
 
Rambut Terkena Proses Kimiawi
 
Kondisi rambut yang sering atau pernah mengalami perawatan kimiawi, seperti pewarnaan, pengeringan atau pelurusan permanen, biasanya cenderung kering, kusam, dan rapuh. Agar kondisi ini tidak semakin buruk, sangat disarankan untuk memakai kosmetik perawatan yang tepat guna. Misalnya, pakailah sampo dan kondisioner dengan formula rehydrating. Khusus bagi rambut diwarnai, gunakanlah sampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut diwarnai agar kelembapan dan elastisitas rambut tetap terjaga dan warna rambut awet. Pilih juga produk perawatan rambut yang diperkaya dengan tabir surya untuk mempertahankan rambut dari radikal bebas, serta efek negatif dari sinar matahari. Hindari pemakaian alat penataan rambut yang memakai suhu panas. Lakukan juga perawatan intensif secara rutin setiap minggu untuk meningkatkan dan mempertahankan kondisi rambut.



(sumber: okezone.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar