Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Kamis, 11 Februari 2010

Kuku, Jenis dan Tips Perawatannya

Kuku adalah hal penting yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan seseorang baik itu laki ataupun perempuan. Berhubungan dengan penampilan dan kecantikan seseorang.

Siapapun wajib merawat kukunya, mulai dari bayi, anak-anak, orang dewasa, pria maupun wanita, karena sering kita mengalami kecelakaan kecil yang tanpa kita sadari menjadi awal masalah kuku di kemudian hari.

Shila D. Ahli Chiropodist, konsultan/trainer Salon dan Spa, menuliskan bahwa perawatan kuku dapat dilakukan sendiri di rumah dengan alat-alat yang steril dan memadai, dan akan lebih baik lagi bila dilakukan kepada yang lebih ahli yaitu ditangani oleh menicurist or pedicurist yang cara kerjanya sesuai SOP (Standard Operation Procedure).

Jenis-jenis perawatan tangan, kaki dan kuku bahkan beberapa jenis kuku/Nail Disorder/Nail Disease itu adalah sebagai berikut :
- Kuku rapuh (Brittle Nails)
- Kuku pecah-pecah ( Splits nails)
- Kuku berlubang/bergaris (Pits & Grovees Nails)
- Kuku yang tumbuh/menancap kedalam (Ingrown Nails)
- Penyakit kutu air (Tinea Pedis/Athlete's foot)
- Kuku terinfeksi Jamur (Nail Fungus Infection)

- Kulit tangan dan kaki terinfeksi jamur (hand & foot skin fungus infection)
- Kaki berbau (foot odour)
- Kaki kering (dry feet)
- Kaki pecah-pecah (cracked foot)

Sebenarnya masih banyak masalah pada kuku tangan maupun kuku kaki terutama biasa dijumpai orang yang sering menggunakan hak sepatu tinggi/terlalu sempit permukaan sepatu dapat menimbulkan penebalan kulit terus menerus dan mengeras membentuk seperti pyramid terbalik itu disebut mata ikan (corn) ini diperberat dengan masuknya virus ke dalam mata ikan tersebut yang kadang menimbulkan masalah hingga mengenai saraf dan terinfeksi, merupakan penderitaan bagi yang mengalaminya...


Step-step merawat kuku di rumah :
1. Persiapkan semua peralatan,handuk sedang. dan cream perawatan yang akan digunakan.
 

2. cuci tangan dengan menggunakan sabun/cream/gel anti septic
 

3. Hapus kutek dengan nail enamel remover, dengan membasahkan kapas secukupnya dengan menekan beberapa detik dan usapkan hingga bersih kutek, usahakan enamel remover(pembersih kutek) tidak mengenai tepian kulit kuku (Nail Hold/kutikula kuku)
 

4. Gunting kuku dengan panjang sesuai keinginan (yang ideal adalah 1/4" (seperempat inch).
 

5. Lalu bentuk dengan menggunakan kikir sesuai yang diinginkan (ada 6 bentuk kuku (6 nail shapes) dan haluskan ujung kuku dengan buffer (amplas halus kuku) agar ujung kuku tidak mudah mengelupas (split).
 

6 Usapkan Cuticle Remover (cream/gel/oil) untuk menghindari kulit kutikula luka saat mendorong kutikula.

7.Gunakan Cuticle Pussher (pendorong kutikula) dengan gerakan memutar disekitar kutikula tersebut. jangan menggunting kutikula. bila tidak mendesak. karena makin sering digunting maka semakin cepat tumbuh kembali kutikula tersebut.

 
8.Ulangi step diatas untuk kuku tangan satunya.
 
9. Scrub tangan hingga ke kuku dengan gerakan memutar pada kuku dan tarik searah keujung kuku jangan berlawanan akan menimbulkan iritasi pada sekital nail fold (penahan kuku) sekitar kutikula akan menjadi halus setelah di scrub .
 
10. sikat jari-jari tangan dengan sikat kuku tangan, dan rendam seluruh telapak tangan kedalam mangkuk/waskom berisi air hangat+sabun khusus menikur pedikur. angkat langsung keringkan dengan handuk.
 
11. Gunakan Nail Care (cream/oil) untuk perawatan kuku dan kutikula yang kering, dan gunakan Protecting Nail (cream/oil) untuk kuku/kutikula yang mempunyai masalah (terkena jamur, kutu air, rapuh).
 
12.usapkan hand cream keseluruh bagian tangan hingga ujung jari, agar kulit dan jari menjadi halus dan lembab.
 
13. pada kuku gunakan orange stick (gagang pendorong kutikula) dililitkan kapas dan basahkan dengan Nail Enamel Remover lalu bersihkan permukaan kuku dari sisa cream yg msh menempel agar ph. balance kuku seimbang untuk penggunaan base dan kutek.
 
14. Pakaikan base coat secara merata pada semua kuku, berfungsi melindungi kuku dari sat warna kutek agar kuku tidak kuning terutama warna kutek yang tua. mulai dari tengah trus kiri kanan kuku atau menurut selera.
 
15 gunakan warna kutek sesuai selera dan pakaikan setelah base boat telah benar2 kering merata.
 
16. terakhir pakaikan top coat, yang berfungsi menutup dan melindungi warna kutek agar tdk cepat kusam dan hilang..serta memberikan warna yang lebih mengkilap .
 
17. jikalau tidak menginginkan pemakaian kutek tapi ingin kuku terlihat mengkilap kita bisa mempergunakan 3-4 step buffer (3-4 langkah penggosokan kuku) agar kuku terlihat cemerlang bersih dan sehat. baru gunakan lagi Nail Care atau Protective Nail.
 
18 Bersihkan semua alat-alat yang tadi digunakan dengan menggunakan alkohol atau rebus dengan air hingga mendidih dan keringkan segera untuk menghindari terjadinya karat.
 
Susila Dewi membagikan pengetahuan perawatan kuku untuk anda semua dan bisa bermanfaat bagi kita semua.

1 komentar: