Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 12 Januari 2010

Terlalu Lama di Depan TV & Komputer Picu Kematian

SIDNEY - Hasil studi terbaru menyebutkan, menonton TV dapat meningkatkan risiko meninggal akibat penyakit jantung hampir lima kali lipat. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang senang bermalas-malasan dan sering berlama-lama di depan komputer.

Studi terbaru yang dilakukan profesor David Dunstan dan timnya dari Baker IDI Heart and Diabetes Institute ini menemukan bahwa, orang-orang yang menghabiskan waktu lebih dari empat jam menonton TV 80 persen lebih berisiko mengalami kematian karena  penyakit jantung, dibandingkan mereka yang menonton TV kurang dari dua jam.

Dunstan menyebutkan, risiko ini mengintai orang-orang yang jarang bergerak, yang sebagian besar kegiatannya hanya berpindah dari satu tempat duduk ke tempat duduk lain, berlama-lama menonton TV atau duduk di depan komputer.

"Bahkan meskipun seseorang itu memiliki berat badan ideal dan nampak sehat, terlalu sering duduk tanpa melakukan kegiatan apapun dalam periode yang cukup lama akan berpengaruh pada kadar gula dan darah dalam tubuh mereka," kata Dunstan, seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (12/1/2010).

Dalam studinya, peneliti melakukan survei terhadap sekira 8.800 orang dewasa. Para partisipan kemudian berada dalam pengawasan peneliti selama tujuh tahun untuk diukur kadar kolesterol dan  gula darah mereka. Tak lupa, kebiasaan mereka menghabiskan waktu menonton TV pun disertakan dalam penelitian.


Hasil penelitian menemukan, selama enam tahun 87 orang meninggal akibat serangan jantung dan 125 lainnya akibat kanker. Dalam temuan ini, faktor lain seperti merokok dan tekanan darah tingggi tidak diikutsertakan. Untuk itu para peneliti memberi saran agar kita menghindari duduk terlalu lama guna menurunkan risiko penyakit berbahaya.    (Sumber: okezone.com)
Waduhhhh.... apa kabar dunia neh?! Secaraaaaaa....gw sering banget duduk dpn komputer pas kerja, jarang jalan2 lama juga tuh hadooohhhh... Tapi emank bener sih kalo seharian kita kerja hampir selalu duduk terus atau.... kalo di rumah duduk nonton tv berjam-jam nggak bagus juga buat kesehatan. Karena selain mata kita jadi cepet rusak terkena radiasi dari komputer atau tv, kita juga bakal terkena sindrom males (mulai dari males makan sampe males gerak). I felt it ^^
So, buat kita-kita yang kerjanya kebanyakan duduk di belakang meja dan kurang banyak gerak sono sini, it would be better to follow gym or any kind of sports. Gak harus ikut olahraga atau gym yang mahal kok, yang penting after office ada kegiatan lain yang banyak gerak (aktif) aja hehe.... Contoh: pulang kantor jalan kaki sampe rumah (kalo rumah deket atau memungkinkan). ^^ Trus...buat yang doyan mangkal nonton tv berjam-jam sampe seharian, it would be better if u try to not focus all the time to the television. Banyak hal lain yang nyata yang lebih penting dan lebih berguna untuk dilakukan selain menonton tv terus menerus dari satu sinetron ke sinetron lain yang makin banyak mengajarkan kekerasan, kekurangajaran/kezoliman, dan kebohongan belaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar