Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Rabu, 13 Januari 2010

Kegemukan dan Stress

STRESS !!..  JUGA MUSUH KEGEMUKAN


Coba deh diingat-ingat, bukankah saat  stres datang, nafsu makan pun jadi berlipat ganda? Ternyata hal itu karena apa yang kita makan sangat dipengaruhi oleh mood kita.
Menurut Norman Pecoraro, PhD, dari University of California, San Francisco, AS, saat kita sedang stres atau tertekan,  tubuh kita melepaskan hormon kortisol yang akan diteruskan ke otak, dan oleh otak diartikan tubuh perlu perlu pelampiasan. Nah, makanan manis dan berlemak tentu jadi pelarian yang  nikmat saat stres.
“Saat kita menyantap makanan untuk merespon perasaan negatif, seperti rasa marah atau sedih, tanpa sadar kita membuat koneksi yang kuat dengan otak,” papar Norman. Makanan itu akan dikenali oleh otak sebagai jawaban atas emosi yang kita alami. “Bila situasi stres itu kita alami lagi, maka otak kita akan memberi perintah untuk mencari camilan,” tambahnya.
Padahal, menghindari stres adalah hal yang sulit. Apalagi untuk wanita aktif seperti kita. Tenang saja, simak strategi berikut biar bobot nggak gampang membengkak.

* Munculkan Rasa Bahagia
Kaum hawa biasanya punya kaitan emosional dengan musik. Maka bila stres terlanjur menghampiri, segera dengarkan musik atau lagu-lagu favorit sebelum nafsu makan timbul. Selain jadi pengalih perhatian, musik juga bisa jadi pelepas emosi.


* Tunggu
“Keinginan kuat untuk makan sebenarnya seperti ombak. Pertama hanya berupa buih, membesar sampai puncak, dan akhirnya hilang. Jadi saat nafsu untuk makan timbul, tunggulah sebentar hingga hilang,” kata Cyntia Bulik, penulis buku Runaway Eating. 

* Alihkan Perhatian
Saat kita memilih makanan sebagai pelarian, sebenarnya yang diinginkan oleh tubuh adalah perasaan nyaman. Oleh karena itu, kenali apa yang kita butuhkan saat kita merasa jenuh, marah, atau sedih. Misalnya saat suntuk di kantor, jangan segan menghubungi teman untuk curhat, sehingga hasrat untuk ngemil pun hilang.


* Cukup istirahat
Tubuh yang letih biasannya akan memancing asupan makanan bergula dan mengandung karbohidrat. Itu sebabnya, sesibuk apapun, carilah waktu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran






KELUAR DARI STRESS ?…


Kita sering berada dalam situasi harus bisa segera meredakan stres. Tenang saja, ada kok cara yang mudah dan cepat untuk usir stres. Hanya butuh semenit untuk mengontrol ketika stres mulai datang. Begini caranya:

1.    Menangis
Ini cara paling manusiawi untuk meringankan stres. Sekitar 85 persen wanita mengaku merasa agak membaik setelah menangis. Kenapa? Air mata membebaskan kimia tubuh yang dibentuk selama periode stres berlangsung.

2.  Mencium
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa mencium aroma menyenangkan dapat memperbaiki suasana hati. Keluarkan tungku terapi aroma dan bakar beberapa tetes minyak esensial kesukaan ketika gejala-gejala stres mulai mendera. Itu pasti membantu Anda rileks di rumah dan tempat kerja.

3.   Bicara
Ketika stres menyerang, segera bicaralah dengan teman sehingga membuat Anda jauh dari situasi tegang. Ini akan membuat Anda merasa lebih baik dan membantu Anda untuk rileks.

4.    Mendengarkan musik
Saat bangun tidur, jangan langsung mendengarkan stasiun radio berita yang bakal menyiarkan segala bencana di negeri kita. Itu sudah pasti menambah parah stres. Mulailah hari dengan mendengarkan musik favorit Anda.



TIP ATASI STRESS !!


Banyak kejadian sehari-hari yang mengundang stres. Daripada marah-marah yang membuat stres bertambah, coba ambil waktu 10-20 menit untuk melakukan relaksasi.
- Duduk nyaman, tutup mata, dan kendurkan otot-otot.
- Tarik napas secara perlahan dan dalam melalui hidung. Rasakan perut mengembang. Secara pelahan pula embuskan napas.
- Pusatkan perhatian pada keluar masuknya napas.
- Jika ada pikiran-pikiran yang mengganggu, lepaskan dan kembalilah berkonsentrasi pada napas.
- Buka mata dan rasakan kesegarannya.

STRESS DALAM PEKERJAAN

Stres biasanya disebabkan oleh tekanan psikologis. Penyakit stres bukanlah penyakit fisik, namun apabila akibat pengaruh stres yang berlebihan, maka akan muncul penyakit fisik, apalagi bila ditambah dengan daya tahan tubuh yang menurun akibat banyak pikiran.
Pada umumnya stress timbul karena rasa khawatir, perasaan kesal, kelelahan, frustasi, pekerjaan yang menumpuk, rasa takut, kurang tidur dan daya tahan tubuh yang menurun. Agar tidak mengalami stres berkepanjangan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres, terutama yang mengalami stres karena pekerjaan.

1. Perhatikan sekitar Anda.
Hindarilah hal-hal yang sekiranya dapat  membuat Anda stres.

2.Tulislah pekerjaan apa saja yang harus kamu kerjakan.
Buatlah prediksi kira-kira berapa lama yang Anda perlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Cobalah kuasai pekerjaan yang akan dilakukan. Dengan menguasai pekerjaan tersebut, maka Anda akan lebih santai dalam mengerjakannya. Anda tidak merasa stress dan diburu waktu.

3. Konsentrasilah pada satu pekerjaan.
Stress karena memikirkan pekerjaan yang belum selesai hanya akan membuat pekerjaan itu tidak selesai-selesai.

4. Aturlah penggunaan tenaga Anda.
Prioritaskan kerjaan yang lebih penting dan hindari buang-buang energi untuk hal yang tidak penting.

5. Sewalah pembantu rumah tangga
untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah Anda, sehingga Anda bisa lebih berkonsentrasi terhadap pekerjaan.

6. Ketika Anda berhasil menyelesaikan satu pekerjaan
manjakan sedikit diri Anda, misalnya memberi asupan tubuh dengan coklat, cemilan, atau minuman dingin. Sesuatu yang membuat Anda rileks.

7. Beristirahatlah ketika sudah mulai lelah bekerja.
Pergi ke cafe terdekat atau coba jalan-jalan untuk mengendurkan otot yang tegang karena stress. Bisa juga mengambil 10 menit istirahat untuk relaksasi setelah mengerjakan sesuatu. Tutuplah mata Anda, biarkan pikiran Anda melayang pada sesuatu yang bukan pekerjaan Anda. Bayangkan Anda sedang berlibur atau melakukan kegiatan mengasyikkan. Ini dapat mengurangi stress pada pikiran Anda.

8. Berolah raga yang teratur untuk menjaga kesehatan Anda.
Olah raga juga dapat melepas stress. Selain olah raga, luangkan waktu untuk melakukan hobi Anda. Dijamin ini akan cepat menghilangkan stress.

9. Manjakanlah diri Anda dengan meluangkan waktu untuk berlibur.
Apabila mengambil liburan panjang dan Anda tetap memikirkan pekerjaan Anda, lebih baik cobalah mengambil liburan pendek namun berkualitas.

10. Tanyakan pada diri Anda
Apakah kondisi yang Anda alami benar-benar berat sehingga Anda harus stress memikirkan hal tersebut?

Hindari stres, karena stres yang berlebihan
dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Biasakan diri Anda menguasai manajemen stres, sehingga dapat mengurangi rasa stres
Kegemukan dan Membuncitnya perut dan Solusinya.

Perut buncit, merupakan momok menakutkan bagi kaum hawa. Tak hanya berimbas pada penampilan saja. Namun, dapat pula mengganggu kesehatan, terutama jantung.Gaya hidup serbamodern sering dijadikan alasan mengapa orang zaman sekarang tidak suka berolahraga. Tak ayal, membuat penumpukan lemak di bawah perut tidak bisa terelakkan.
Untuk Anda yang tak ingin berperut buncit, lebih sering berolah tubuh dapat mengurangi risiko penumpukan lemak di perut. Usaha lain yang dapat ditempuh ialah mengurangi makanan berlemak atau yang berbasis karbohidrat sederhana seperti nasi putih, mie, roti, kue-kue manis.
Langkah tersebut dilakukan agar Anda tak memiliki perut yang buncit. Pasalnya, dengan kondisi tersebut dapat mengundang beragam macam penyakit.
Berdasarkan berita yang dirangkum dari Mayolin Clinic, Selasa (18/8/2009), berat badan berlebih (obesitas) disinyalir dapat menjadi penyebab penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes, tekanan darah tinggi, serta kanker.

“Lemak berlebih pada perut, lebih berbahaya untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan lemak yang menumpuk di bagian pinggang atau paha,” ujar Michael Jensen, M.D., Endocrinology Specialist Mayo Clinic, Rochester, Minn.
Kelebihan lemak di bagian perut seringkali dihubungkan dengan pengerasan pembuluh arteri. Karena itulah orang obesitas lebih berpotensi besar menderita penyakit jantung.
Jika Anda merasa bobot tubuh sudah ideal, namun perut masih buncit. Itu pertanda bahwa lemak di sekitar perut masih nyaman tinggal. Olahraga rutin, dan fokuskan latihan pada pembentukan otot perut adalah jurus jitu mengubah lemak di perut jadi otot.
Siap mengucapkan selamat tinggal untuk perut buncit Anda?




Tip Mengatasi masalah Perut Buncit

Sebenarnya perut buncit dialami oleh banyak orang disebabkan faktor diet yg tidak betul dan juga gaya hidup. Di sini ada cara untuk mengatasi atau mengurangkannya.

Minum Banyak Air
Jika perut penuh disebabkan oleh penyimpanan air, anda sebenarnya dapat mengurangi masalah tersebut dengan minum air lebih banyak. Hal ini akan mencairkan konsentrasi sodium dalam tubuh sehingga meningkatkan jumlah air yang keluar dari sistem tubuh.
Minum lebih banyak air juga menjamin fungsi hempedu efektif untuk mengeluarkan bahan toksin.. Jangan mengubah pengambilan air saat diet kerana banyak bahan yang sulit dicerna dan dapat menyebabkan perut menggelembung.

Mengurang Pengambilan Garam
Jangan makan gelojoh kerana ketika anda menelan terlalu cepat, udara tertahan dalam usus dan membentuk gas yang dapat mengakibatkan penggelembungan perut.
Duduk ketika makan dan kunyah makan secara perlahan-lahan. Makanan yang tidak terkunyah menjadi bahagian-bahagian kecil tidak dapat dicerna dengan sempurna yang kemudian menghasilkan banyak gas yang menimbulkan penggelembungan.

Makan perlahan-lahan
Terlalu banyak garam dalam diet menambah ektra sodium terhadap cairan tubuh yang memperlambat mekanisme sehingga mendorong air keluar dari sel. Akibatnya perut terasa penuh dan menggelembung.

Pengambilan Serat
Serat adalah elemen penting dalam diet, tetapi untuk mengimbangi penyimpanan air yang menyebabkan penggelembungan, makanlah serat dalam buah-buahan seperti epal dan pear yang memiliki banyak kandungan air.

Awasi Obat-Obatan
Perut yang mengembang adalah efek sampingan dari pengambilan ubat.Aspirin kadang-kadang menyebabkan masalah perut yang mengakibatkan sembelit dan penggelembungan, termasuk pil kontrasepsi.

Hindari Sembelit
Sembelit didefinisikan sebagai memiliki lebih sedikit dari tiga kali buang air besar dalam seminggu atau jika terlibat ketegangan. Akibatnya perut terasa bertambah besar. Untuk merangsang isi perut, tingkatkan pengambilan serat dari buah-buahan dan sayuran, amalkan secara berterusan untuk menghindari fermentasi dan pengeluaran gas yang berlebihan.

Bersenam
Olahraga atau bersenam akan membantu menggerakkan cairan dalam perut yang dapat menyebabkan perut besar dengan mendorongnya keluar dari jaringan dan masuk aliran darah dimana akan dikeluarkan sebagai peluh atau dibawa ke hempedu untuk dikeluarkan sebagai air urine. Senaman yang disarankan seperti aerobik.






9* MAKANAN MEMBUAT PERUT RATA


PERUT rata merupakan impian semua orang. Dengan perut rata, Anda tentunya akan semakin percaya diri karena penampilan lebih menarik. Tetapi, manfaatnya tidak hanya itu, perut datar berarti hilangnya lemak sentral, lemak sumber penyakit yang selalu menggelambir di perut. Mendapatkan perut datar, bisa Anda mulai dengan memilih makanan yang memperlancar pencernaan dan mengurangi gas dalam lambung.

Air hangat
Apakah Anda merasa perut Anda besar dan kembung?”Cobalah minum air,” terang Gillian McKeith, seorang pakar nutrisi holistik sekaligus penulis buku You Are What You Eat dan Food Bible: How to Use Food to Cure What Ails You. McKeith merekomendasikan Anda untuk minum air hangat sebelum makan. Tetapi pastikan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu, hindari air es.”Air es ini, akan menambah gas dalam lambung Anda,” terang McKeith seperti yang dikutip oleh situs foxnews.


Seledri
Potonglah seledri dan tambahkan dalam daftar diet Anda. Seledri, terang McKeith, mengandung sodium dan kalium yang sangat diperlukan untuk menyeimbangkan kadar air.


Sawi putih
Sawi putih juga akan membantu meredakan perut kembung. Menurut McKeith, sayuran ini mengandung probiotik yang akan menyumbangkan bakteri baik ke dalam perut.


Sup miso
Sup miso tidak hanya akan menghangatkan Anda tetapi miso juga mengandung enzim yang akan membantu proses pencernaan.


Acar kubis
Konsumsilah acar kubis mentah. Makanan ini, lanjut McKeith, mengandung enzim-enzim dan bakteri baik yang berfungsi membantu pencernaan.


Beras merah
Beras merah mengandung serat. Serat ini berfungsi untuk mengembangkan bakteri baik serta membantu fungsi usus halus.


Biji rami
Tambahkan biji rami ke dalam sarapan pagi Anda. Biji rami mengandung serat yang akan membantu kerja usus halus. Tetapi jangan lupa, untuk menghindari perut kembung, Anda harus selalu menghindari karbohidrat olahan, alkohol, produk-produk susu, garam, rempah-rempah, kafein dan makanan olahan.


Pisang
Sebiji pisang ukuran besar mengandung 602 miligram kalium. Ini akan membantu melawan kembung dengan cara mengatur kadar sodium dalam tubuh.


Jahe
Makan jahe atau minum teh jahe akan membantu perut kembung dengan melancarkan proses pencernaan. Jahe mengandung ginerols yang akan meredakan perut kembung.






MAKANAN MEMBUAT PERUT RUSAK

Chicken Nugget
Kapanpun anda mencelupkan bahan makanan ke adonan, kemudian menggorengnya, makanan itu akan menjadi beban bagi pencernaan anda. Makanan yang digoren mengandung banyaklemak dan akan mengganggu pencernaan. Jika anda mengalami radang pencernaan, maka hal ini harus dihindari, karena akan menyebabkan pusing dan diare, demikian kata Tara Gidus, ahli diet di Orlando. Jika ingin makan nuget seperti ini, lebih baik anda oven daripada digoreng.


Cabe
Cape pedas memang enak banget, tapi bahaya lho, cabe bisa mengganggu lapisan pelindung kerongkonan anda. Hasilnya: panas di dada setelah makan. “Bahkan jika anda menahan panasnya dengan manambahkan krim masam, anda masih akan merasakan hal yang sama,” kata Gidus. Jadi daripada anda mengurangi panas dengan krim atau santan, yang hanya menambah kalori, coba gunakan cabe yang tidak sepedas itu.


Coklat
Konsekuensi tidak menyenangkan dari coklat bukan karena makan coklatnya, tapi gara2 kebanyakan makan coklat. Mungkin sepotong brownies sudah cukup, tapi brownies, tiga tumpuk, pake eskrim, wah, bahaya. Coklat ternyata membuat otot kerongkongan melemah, sehingga asam di pencernaan akan naik lagi ke atas dan menyebabkan rasa terbakar.


Jus Lemon
Jus lemon yang asam ini akan mengganggu kerongkongan, dan merangsang saraf sensorik untuk semakin merasa meradang. Di lambung, tambahan asam ini akan semakin menambah iritasi yang ada. Bayangkan anda belum makan, dan perut anda tiba2 sudah penuh dengan asam, apalagi yang akan anda rasakan selain sakit perut. Jika anda minum lemonade dengan gula, hati2 gula terkadang merangsang diare.


Mashed Potato
Tidak ada yang lebih tidak berbahaya daripada mashed potato (kentang tumbuk) tapi itu hanya kayaknya. Tapi buat anda yang tidak toleran terhadap laktosa, makanan ini hanya akan membahayakan anda. Mashed potato biasanya penuh dengan susu atau bahkan krim kental.


Bawang mentah
Bawang-bawangan mentah juga berbahaya, memang mereka mampu memberikan perlindungan ekstra terhadap jantung dan peredaran darah, tapi bahkan ada diantara mereka yang hanya akan menyebabkan gejolak di perut. Jika anda mengkonsumsinya, pastikan sudah dimasak. Jika anda ingin mendapat khasiat terbaik dan tidak ingin perut anda terganggu, salah satu ide dari May Ryan, ahli makanan, mengatakan ada baiknya anda mencampurkan bawang mentah dan matang.


Es Krim
Tidak berbahaya sama sekali kan? Tapi jika anda tidak toleran terhadap laktosa, wah, perut bisa kembung, kram, atau bahkan penuh dengan gas! Jika memang demikian coba cari eskrim yang dibuat dari susu kedelai. Biarpun anda toleran laktosa, makan eskrim kebanyakan juga akan membuat perut anda serasa penuh selama berjam2, karena anda mengkonsumsi lemak, dan es krim, hampir semuanya adalah lemak.


Brokoli
Sayuran kaya nutrisi dan serat ini memang luar biasa sehat, tapi sayuran ini bisa membuat perut anda penuh gas, maka jangan makan mentah, siram air panas, atau masak secepatnya, senyawa kimia yang ada akan berkurang, dan gas yang terbentuk juga akan minimal.


Kacang2an
Kacanga2an seperti ini juga akan membuat perut anda berasa penuh karena sulitnya kacang2an ini dicerna. Enzym untuk memecah makanan ini hanya ditemukan di beberapa bakteri yang tinggal di dalam pencernaan. Dan jika anda tidak makna kacang2an secara rutin, mungkin anda akan kekurangan enzym untuk memecahnya, makanya anda akan kembung. Masak kacang2an ini dalam bentuk kuah, karena cairan yang ada akan membantu mencernakan sejumlah besar serat yang ada.


Permen (Karet) tanpa kalori
Tidak berkalori, karena adanya sorbitol. Sorbitol, pemanis buatan, ini akan membuat perut anda kembung juga karena gas yang ada di dalam perut.



MAKANAN BIKIN GEMUK


Ini dia 15 jenis makanan yang gampang membuat gemuk. Kalaupun tidak bisa menyingkirkannya dari daftar menu, gantilah dengan jenis yang rendah kalori dan bebas lemak, atau tidak terlalu sering mengonsumsinya.

1. Pure kentang. Apalagi jika proses pengolahannya menggunakan krim dan mentega. Bayangkan, 1/2 mangkuk saji saja sudah mengandung 200 kalori!

2. Permen. Selain mengandung jenis lemak jahat, kadar gulanya juga sangat tinggi. Begitu pula panganan sejenis seperti donat, cake dan bolu gulung.

3. Es krim. Meski kenikmatannya sangat mengundang, es krim merupakan sajian yang amat tinggi kandungan lemak, gula dan kalori. Jadi, pertimbangkan kembali untuk menikmatinya jika Anda sedang berdiet.

4. Keripik kentang. Camilan yang gurih ini merupakan salah satu makanan yang paling berpeluang bikin gemuk karena kandungan garamnya sangat tinggi. Belum lagi kandungan lemak dan gulanya, sehingga total kalorinya tinggi. Di samping itu, keripik kentang banyak mengandung bahan pengawet, perasa dan pemanis buatan yang jelas-jelas dapat merugikan kesehatan.

5. Daging olahan. Kendati amat praktis, hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya, mengandung lemak tak baik. Kadarnya yang begitu tinggi, sama banyak dengan kadar garam yang dikandungnya.

6. Jajanan gorengan. Makanan jenis ini kurang baik bagi kesehatan karena umumnya digoreng dengan minyak yang tidak diganti setiap kali menggoreng. Kandungan lemaknya juga sangat tinggi dan kurang terjamin kebersihannya jika dijajakan di pinggir jalan.

7. Makanan cepat saji. Di antaranya hamburger, nachos dan kentang goreng. Kandungan lemaknya sangat tinggi, begitu pula kandungan kalorinya. Sementara kandungan nutrisi yang menyehatkan, nyaris tidak ada.

8. Minuman bersoda. Meski mendatangkan kesegaran sesaat, minuman ini sama sekali tidak memiliki nilai-nilai nutrisi. Kecuali, kaya akan kandungan gula, sodium, dan kalori.

9. Sereal manis. Sereal dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, semakin menjadi ancaman bila bertemu dengan rasa manis dari gula. Makanan jenis ini akan meningkatkan gula darah dan menyebabkan tubuh menimbun lemak.

10. Susu whole milk. Meskipun kandungan kalsiumnya baik bagi tubuh, susu jenis ini memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi yang akan menambah timbunan lemak tubuh. Jadi, kalau ingin mengambil manfaat kalsiumnya, ganti saja dengan mengonsumsi susu yang bebas lemak atau minimal yang yang sudah dikurangi kandungan lemaknya.

11. Kuah daging. Kandungan lemak dan karbihidrat maupun kalorinya sama-asma tinggi.

12. Roti. Terutama yang terbuat dari tepung yang sudah mengalami proses penghalusan, sehingga tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya. Kalau mau aman, coba mengonsumsi roti gandum, sehingga dapat menfaat dari seratnya.

13. Aneka Krim. Whipped cream yang sering dipakai sebagai penghias pada jus stroberi dan dressingtopping. salad, semuanya mengandung lemak tinggi, dan akan menjadi kalori tinggi jika tercampur dengan makanan sehat Anda. Sebaiknya, jika Anda sedang mengonsumsi makanan sehat, tidak usah dibumbui dengan aneka krim atau

14. Mayones. Memiliki sekian banyak ikatan lemak di dalamnya. Jadi, sebaiknya pakai sedikit saja jika Anda menginginkan.

15. Kopi Instan. Tahukah Anda bahwa secangkir kopi instan mengandung lebih dari 39 lemak? Nah, kalau tidak mau tubuh Anda jadi timbunan lemak, hitung secara cermat berapa jumlah kalori dari kopi instan yang masuk ke dalam tubuh.




GEMUK BUKAN SEMATA-MATA KARENA BANYAK MAKAN


Sebuah hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of California, San Francisco, baru-baru ini menyebutkan bahwa usaha menambah berat badan tak selalu berarti dilakukan dengan peningkatan jumlah makanan yang dikonsumsi. Namun kadangkala diperlukan sesuatu, seperti obat-obatan atau nutrisi lain, yang bisa membantu mengontrol berat badan.Dalam penjelasannya di Jurnal Cell Metabolism, para peneliti tersebut mengatakan bahwa serotonin, yang diketahui berfungsi sebagai pengontrol nafsu makan dan penambahan lemak, sebenarnya memiliki dua saluran ’sinyal’ yang berbeda.

Satu set saluran sinyal itu mengatur nafsu makan dan yang lain pengontrol penyimpanan lemak. Sinyal yang diterima oleh masing-masing saluran tersebut dikontrol oleh neuron di otak, yang menginstruksi tubuh untuk membakar makanan atau menyimpan lemak.

Jika mekanisme dalam saluran itu digambarkan, sasaran obat-obatan penurun berat badan itu ditujukan lebih pada saluran pengurangan lemak dan bukan mengurangi rasa lapar, yang pada kenyataannya jarang berhasil, kata pimpinan penelitan tersebut, Kaveh Ashrafi.
“Hal itu bukan berarti bahwa pemberian makanan tak penting. Kontrol lemak yang dimiliki oleh serotonin itu berbeda dengan pemberian makanan. Strategi pengurangan berat badan hanya berfokus pada makanan yang boleh Anda konsumsi. Itulah sebabnya kenapa usaha untuk diet seringkali gagal,” tegasnya.

Penemuan itu tak melawan pandangan bahwa rasa lapar, nafsu makan dan kegemukan adalah saling terhubung di bawah pengaruh serotonin dan pengirim sinyal yang lain, yang terhubung dengan neuron yang ada di otak. Namun penemuan itu menunjukkan bahwa ada pengaruh yang lainnya.

Beberapa obat penurun berat badan telah dikembangkan untuk meningkatkan jumlah serotonin, sehingga menekan nafsu makan. Namun hal itu malah menimbulkan masalah, kata Ashrafi.

Obat-obatan tersebut ditujukan untuk memblokir jalur sinyal pengurangan lemak yang terpisah di otak, yang sebenarnya berguna untuk mengontrol kegemukan, penyakit diabetes tipe 2, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan lain-lain.
“Obesitas dan problema terlalu kurus tak semata-mata disebabkan oleh pola makan. Namun lebih dari itu, pola makan dan pengontrolan lemak juga diatur oleh sistem syaraf lain yang berfungsi untuk merespon adanya ketersediaan nutrisi dalam tubuh,” kata para peneliti tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar