Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 08 November 2010

Wisata Hemat ke Mancanegara

Tertarik untuk jalan-jalan wisata hemat ke Mancanegara, terutama bagi yang belum pernah dan berkeinginan untuk memulai perjalanan keluar negeri, untuk itu inilah tip sederhananya sebagai bahan persiapan sebelum berangkat :
  1. Siapkan Paspor Perjalanan, bila belum punya dapat mendaftar di Kantor Imigrasi setempat ( persyaratannya antara lain Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Ijin atasan bila PNS, Pasfoto, NPWP, dan biaya administrasi) sebaiknya datang langsung dan jangan lewat calo. Biayanya administrasinnya sekitar Rp. 250.000,-.
  2. Buat Nomor Pokok Wajib Pajak(NPWP), ini perlu agar anda tidak dikenakan biaya fiscal, karena bagi yang telah memiliki NPWP untuk bepergian ke luar negeri bebas fiscal. Bila tidak punya dikenakan biaya Rp. 2,5 Juta (mudah-mudahan tidak salah). Sedangkan untuk anakyang masih dalam tanggungan, sertai pula dengan copy Kartu Keluarga.
  3. Atur rencana perjalanan Anda dengan sebaik-baiknya, meliputi kota atau lokasi wisata yang dituju, lama perjalanan, jumlah yang berpegian.
  4. Perjalanan dapat dilakukan menggunakan jasa biro perjalanan wisata atau dapat mengatur sendiri.
  5. Mengajukan permohonan Visa Kunjungan ke Kedutaan Besar Negara tujuan secara langsung atau melalui agen perjalanan wisata, terutama negara yang mempersyaratkan dan mengharuskan adanya visa kunjungan. Untuk pengurusan visa ke negara Schengen (beberapa negara Eropa) bisa baca persyaratan lengkapnya dengan pada tulisan Visa Kunjungan Negara Schengen.
  6. Khusus yang mengatur jadual sendiri, cari informasi selengkapnya meliputi peta lokasi, alat angkut yang akan digunakan, biaya, lokasi menginap, lokasi makan yang nyaman, dan informasi lainnya.
  7. Catat dan cari infomasi alamat dan nomor telepon Kedutaan besar atau Perwakilan RI di Negara tujuan, ini diperlukan apabila kita menghadapi masalah selama berada di Negara tujuan. Sebagai contoh, penulis pernah kehilangan Paspor ketika melakukan kunjungan wisata ke Belanda, di di sana Tas Tangan penulis hilang dicuri, termasuk juga paspor. Pengalaman ini akan ditulis secara khusus di Tip berikutnya, bagaimana langkah yang harus ditempuh bila kehilangan paspor.
  8. Daftarkan alat komunikasi anda ke operator atau beritahukan anda akan bepergian ke luar negeri, biasanya alat komunikasi Prabayar pada beberapa operator harus didaftarkan. Atau dapat menggunakan nomor setempat Pasca bayar. Namun perlu diingat, percakapan antar Negara akan dikenakan biaya roaming yang tinggi, sebaiknya batasi percakapan!
  9. Bawalah perlengkapan diri (pakaian, obat-obatan, sepatu,dll) seperlunya, dan gunakan tas yang ringkas.
  10. Bila melakukan perjalanan ke Negara yang beriklim tropis (panas) jangan lupa membawa kacamata UV, pelindung kulit (sunscreen), topi/payung, dan khusus yang bepergian kenegara musim dingin tentu jangan lupa baju hangat serta pemoles atau pelembab bibir (agar bibir tidak pecah-pecah).
  11. Dan yang paling penting, jangan lupa membawa sedikit uang recehan kontan   di Negara tujuan untuk memudahkan bila di Negara tujuan Anda ingin memberi tip, ini selain Anda membawa kartu kredit atau cek perjalanan. Dan pastikan kartu kredit anda tidak diblokir atau minimal memperhatikan batas penggunaan maksimal.
Pilihan selanjutnya terserah Anda kapan memulai perjalanan hemat dimulai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar