Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Rabu, 03 November 2010

Cara Cepat Kecilkan Perut, Lengan, & Paha Usai Melahirkan

USAI melahirkan buah hati, bobot tubuh wanita sering melonjak drastis. Sementara bagian tubuh seperti lengan, paha, dan perut juga tidak proporsional. Lantas, adakah cara cepat mengembalikan bagian-bagian tubuh tersebut kembali seperti semula?

Agustino Romulo selaku Associate Manager Nutrifood Research Center memberikan masukan positif untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan dengan berolahraga.

“Yang penting, pastikan Anda sudah merasa kuat dan jangan paksakan diri. Namun, Anda memang perlu ekstra hati-hati pada 4-5 pekan pertama setelah melahirkan karena risiko cedera lebih tinggi pada masa ini. Hal ini berhubungan dengan masih tingginya hormon yang berperan untuk mengendurkan jaringan ikat dan otot selama kehamilan,” ulas Agustino, Rabu (3/11/2010).

Untuk itu, lanjutnya, mulailah dengan latihan-latihan ringan, seperti berjalan atau bersepeda, dan tingkatkan intensitasnya secara bertahap. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai latihan. Dan jika Anda masih menyusui, lakukan latihan setelah menyusui untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara, dan memberikan waktu untuk penurunan kadar asam laktat setelah latihan.

Beberapa tip latihan yang efektif namun tidak menyulitkan, antara lain:

1. Berjalan cepat atau bersepeda untuk membakar kalori. Agar lebih menyenangkan, lakukan di alam terbuka dengan mengelilingi lingkungan sekitar dan ajak sang buah hati bergerak bersama.

2. Latih otot perut sembari duduk, berbaring, atau berdiri.
- Pastikan punggung Anda tegak.
- Tarik perut Anda ke bagian dalam dengan mengontraksikan otot perut Anda dan tahan sesaat.  - Pastikan punggung Anda tetap tegak selama melakukan gerakan ini.

3. Latih otot tangan agar tangan terlihat lebih kencang dengan gerakan curl and kickback.
- Berdiri dengan kaki selebar pinggang sambil memegang sepasang dumbbell di depan dada dengan posisi tangan menyiku.
- Jaga perut tetap kencang, lutut sedikit ditekuk, dan punggung tetap lurus.
- Membungkuklah ke depan sekitar 45 hingga 90 derajat dan tarik kedua tangan ke belakang dengan posisi bahu tetap (tidak ikut diangkat).
- Kembali ke posisi semula dan ulangi.

4. Latih otot kaki dengan gerakan upper legs lift
- Berbaringlah menghadap ke samping dengan salah 1 kaki ditekuk di atas lantai.
- Angkat kaki yang lain hingga membuat sudut 45 derajat, lalu turunkan kembali. Pada saat menurunkan kaki, jaga agar tetap tidak menyentuh tanah.
- Ulangi gerakan dengan menggerakan kaki naik dan turun secara berulang-ulang.

5. Latih otot perut dan paha dengan gerakan leg slides
- Berbaring terlentang dengan punggung menyentuh matras dan kaki ditekuk, serta pastikan telapak kaki rata menyentuh tanah.
- Kontraksikan otot perut lalu luruskan salah 1 kaki secara perlahan sejauh yang Anda bisa (pastikan punggung Anda tetap lurus dan tidak melengkung ke atas). Setelah itu, tekuk kembali lutut Anda.
- Lakukan sebanyak 8 hingga 10 kali.

6. Latih otot perut dengan gerakan shoulder lift
- Berbaring telentang dengan kaki ditekuk dan telapak kaki rata menyentuh tanah.
- Hembuskan napas dan kontraksikan otot perut, lalu angkat kepala dan pundak.
- Tahan posisi ini sejenak lalu turunkan kembali kepala dan pundak secara perlahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar