Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 22 Oktober 2010

Ingin Kurus, Fokuslah pada Rutinitas Kecil

KOMPAS.com - Sebenarnya ada rumus unik ketika ingin menguruskan pinggang, yaitu mengoptimalkan yang kecil atau mini. Optimalisasi yang kecil juga termasuk di dalamnya adalah mencoba hal baru yang sederhana untuk perubahaan yang besar.

Perubahan sederhana seperti apa yang bisa mengantar kita pada cita-cita berbadan proporsional? Tenang, ada sejumlah perubahan yang bisa kita lakukan selama sepekan.

Minggu: Deklarasikan niat menghilangkan lemak tubuh.
Beberapa studi menyebutkan, hanya dengan mencatat apa yang kita makan maka dapat menyusutkan bobot hingga 5 persen, ucap Robert A. Carels, PhD, dari Departemen Psikologi Bowling Green State University. Maka, awali minggu ini dengan mencatat apa saja yang kita makan. Buat semacam food diary untuk merealisasikan niat perubahaan ini.

Senin: Variasi menu untuk variasi vitamin.
Ketika tubuh memiliki keseimbangan vitamin dan mineral, maka metabolisme tubuh akan berjalan dengan alami. Artinya, proses pembakaran lemak terjadi dengan sendirinya. Jadi mulai sekarang, biarkan warna-warni makanan menjadi daya tarik apa yang disajikan di atas piring kita. Terutama jika warna-warni itu berasal dari sayur-sayuran.

Selasa: Percepat pembakaran kalori.
“Semakin pendek waktu istirahat pada setiap set latihan, maka semakin banyak kalori yang dibakar,” ucap Jim Stoppani, PhD, penulis buku Encyclopedia of Muscle and Strength. Jika menambahnya dengan melatih seluruh bagian tubuh, maka pembakaran lemak akan merata, Stoppani menambahkan.

Rabu: Tambah asupan vitamin C untuk menghilangkan lemak.
Journal of the American College Of Nutrition menemukan fakta, ternyata dengan rajin mengkonsumsi 500 mg vitamin C akan membantu kita membakar lemak 30 persen lebih banyak, terlebih jika kita melengkapinya dengan olahraga. Jadi mulai sekarang, makanlah sayur atau buah yang vitamin C-nya lebih banyak.

Kamis: Buat komunitas hidup sehat bersama.
Menurut Tim Lohman, PhD, profesor emeritus dari Univeristy of Arizona, tidak hanya olahraga yang dapat menurunkan berat badan kita. Teman-teman yang seide dan seperjuangan memiliki tubuh sehat bisa menjadi trik menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Sebab pencapaian teman-teman bisa kita jadikan pemicu, dan satu sama lain dapat saling menyemangati dengan cara yang tidak hanya benar, tapi juga sehat.

Jumat: Kunyah buah sebagai camilan.
Biasakan diri untuk memilih makanan sehat untuk kebiasaan seringan apapun, termasuk camilan. Buah adalah camilan yang paling sehat yang pernah ada. Selain karena kalorinya yang rendah, serat buah membuat kita kenyang lebih lama. Akan lebih baik jika kita mengonsumsi bermacam-macam buah dalam seminggu, karena itu pastikan setiap buah yang kita camil berbeda setiap harinya. Ini akan sejalan dengan perubahaan yang kita lakukan pada awal minggu.

Sabtu: Relaksasi untuk memotong rasa lapar.
Akhir pekan adalah waktunya bersenang-senang, dan ternyata kondisi ini membuat kita jadi jarang lapar. Sebab, Ralph LaForge, pelatih psikologis dari Departemen Endorkin Duke University Medical Center menjelaskan, adalah stres yang menjadi pemicu bagi kita untuk menyelesaikannya dengan asupan kalori. Untuk memanjangkan masa rileks kita, lakukanlah yoga. Sehingga seluruh pembuluh darah dapat lebih optimal mendapatkan oksigen untuk meredam seluruh hormon pemberi rasa lapar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar