Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 08 Oktober 2010

Etiket Menjadi Tetangga Baru

Pertimbangan tinggal di rumah atau lingkungan baru dipengaruhi banyak faktor. Salah satunya, karakter tetangga baru Anda nantinya. Jika bertemu dengan orang yang menyenangkan, tentunya rumah idaman akan menjadi tempat tinggal impian.

Untuk mengetahui seperti apa karakter tetangga Anda, berbincanglah kepada satu atau dua orang dari mereka. Caranya berikan sejumlah pertanyaan, dan perhatikan juga cara bicara Anda. Jangan sampai Anda dikira intel yang sedang menyelediki kasus tertentu.

Cari tahu pendapat pribadinya

Jika ingin mengetahui seperti apa lingkungan tempat tinggal yang baru, termasuk karakter orang-orang yang tinggal di sana, banyak-banyaklah ngobrol bersama mereka. Mulai saja dengan bercakap-cakap santai, dan ajukan pertanyaan seperti apakah dia senang tinggal di lingkungan ini? Bagaimana para tetangga bersosialisasi satu sama lain?
Lebih lanjut, Anda juga bisa menanyakan karakter umum tetangga. Apakah mereka cenderung senang berbaur, atau lebih suka dengan urusan privasi masing-masing. Anda tentu harus menyesuaikan diri dengan orang terdekat Anda, bukan? Jika Anda senang berbaur sementara warga setempat cenderung menyukai privasi, Anda tentu harus mampu menempatkan diri.

Kegiatan warga
Tanyakan juga mengenai kegiatan warga. Di Indonesia, struktur berjenjang seperti rukun tetangga atau rukun warga, penting Anda ketahui. Bahkan dalam kompleks perumahan yang terkesan individualis, terdapat peran RT atau RW. Cari tahu informasi mengenai struktur kepengurusannya.
Dari informasi awal inilah Anda bisa mengetahui kegiatan apa saja yang tersedia di lingkungan baru. Anda juga bisa memilih kegiatan yang Anda sukai. Dengan mengenal pejabat lingkungan, dan mengikuti kegiatan warga, Anda juga bisa mengetahui isu terhangat seputar lingkungan tempat tinggal. Dengan begitu Anda lebih bisa mengenal karakter warga dan lingkungan. Bagaimana tingkat keamanan wilayah bisa Anda ketahui dengan mendengar cerita, apakah mereka sering terjadi kemalingan atau tidak.

Aturan yang berlaku
Anda juga perlu mengetahui aturan yang diterapkan lingkungan tempat tinggal Anda. Dengan begitu Anda bisa menjaga sikap agar tak lantas dikenal sebagai tetangga baru yang menyebalkan. Misalnya saja mengenai aturan parkir kendaraan. Apakah tetangga atau warga membolehkan Anda parkir di jalan utama atau hanya boleh di garasi setiap rumah.
Bahkan hal sederhana juga bisa Anda tanyakan dan cari tahu dari warga lama. Misalnya, aturan tidak menimbulkan suara bising pada jam tertentu. Anda tak bisa sembarang menyalakan alat musik yang ingar-bingar, atau memperbaiki rumah dengan mengetok palu pada malam hari, karena tetangga Anda memiliki bayi atau manula yang bisa terganggu tidurnya. Cari tahu juga apakah ada aturan jam malam yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar