Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 30 Juli 2010

6 Makanan Sehat tapi Menggemukkan Badan

YAKINKAH makanan sehat yang Anda santap benar-benar menyehatkan? Pastikan Anda tidak tertipu oleh janji muluk yang disampaikan lewat kemasan atau oleh penjual.

Berikut, enam makanan yang kelihatannya menyehatkan, padahal menggemukkan badan, seperti diungkap Eating Well.


Salad

Banyak orang menyukai salad. Tentu bagus untuk kesehatan tubuh jika Anda mengonsumsi sayur-sayuran yang terdapat dalam salad. Masalahnya, seperti dikatakan Anne Daly RD, direktur nutrisi dan pendidikan diabetes Springfield Diabetes & Endocrine Center di Springfield, Illinois, terdapat pada topping. Karena itu, sebelum memesan salad, sebaiknya pastikan topping yang diberikan sesuai dengan menu diet Anda.

Batangan energi/protein (energy bars)

Protein bar biasanya mengandung protein dan serat-nutrisi yang membantu Anda merasa kenyang—, tetapi juga mengandung banyak kalori. Tak mengapa jika Anda mengonsumsinya sesekali, tetapi kebanyakan kita memperlakukannya sebagai makanan ringan. Kalau Anda ingin memakannya, pilih protein bar yang mengandung sekira 5 gram protein.

Granola

Granola terdengar menyehatkan, tapi tak sedikit yang tinggi kandungan lemak, gula, dan kalorinya. Jangan tertipu oleh hitungan kalori yang terlihat masuk akal pada kemasan. Granola rendah lemak biasanya hanya mengganti gula dengan lemak dan mengandung kalori sebanyak versi reguler. Ada baiknya baca label dengan hati-hati.

Smoothie

Smoothie seperti cara lezat untuk membantu Anda mengonsumsi porsi buah yang dianjurkan. Namun studi menunjukkan bahwa minuman ini mengandung kalori lebih banyak daripada makanan padat. Beberapa merek smoothie kemasan mengandung kalori sebanyak milkshake.

Lebih baik minum jus buah segar, misal jus jeruk yang memiliki 110 kalori per cangkir. Carilah smoothie yang dibuat dari buah utuh, yogurt rendah lemak, dan tanpa tambahan gula.

Yogurt

Yogurt merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda, tapi tidak semua yogurt dibuat sama. Beberapa yogurt premium dengan kandungan susu full cream dapat menambah tumpukan lemak jenuh di tubuh Anda.

Yogurt rendah lemak rasa buah, tapi "buah" dimaksud adalah selai (di mana sebagian besar mengandung gula). Anda bisa memilih yogurt rendah lemak yang rasanya tawar dan aduk bersama dengan buah segar atau pemanis lainnya sesuai selera Anda (dengan itu Anda akan menggunakan lebih sedikit, sesuai takaran diet).

Perlu diperhatikan, meskipun yogurt merupakan sumber kalsium yang baik, beberapa yogurt lebih sebagai makanan penutup daripada makanan ringan yang sehat. Jangan biarkan lemak dan gula yang ditambahkan ke dalamnya merusak kandungan yang sudah baik.

Sushi rolls

Terdapat berbagai macam sushi rolls, bahkan beberapa di antaranya disajikan dengan cara digoreng di mana mayonnaise di dalamnya bisa menambah kalori. Sebagai gambaran, sushi roll berisi belut, ketimun renyah, alpukat, dan “saus belut special” mengandung hampir 500 kalori dan 16 gram lemak (4 gram lemak jenuh).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar