Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 19 Juli 2010

Bisakah Anda Hargai Orang Lain?

MENGHARGAI orang lain adalah syarat mutlak bagi kesuksesan hubungan dalam bidang apa pun. Begitu juga dalam karier dan pekerjaan. Tanpa Anda sadari, menghargai orang lain bisa membuat karier Anda meningkat.

Tak percaya? Coba saja Anda jawab pertanyaan ini. Jika Anda adalah seorang atasan, mana yang lebih Anda sukai, karyawan yang menghargai pendapat dan masukan yang Anda berikan kepadanya atau karyawan yang mengacuhkan saran Anda? Jawabnya jelas, karyawan yang menghargai ucapan Anda. Dari sini saja bisa ditebak bahwa tak ada orang yang tidak menginginkan penghargaan atau dihargai oleh orang lain, baik itu atasan maupun karyawan.

Lebih jelasnya, ingin dihargai orang lain adalah kebutuhan dasar manusia. Karena itulah, setiap orang akan sadar penuh jika dia dihargai oleh orang lain, begitu pula sebaliknya.

Tapi, apakah sebenarnya “dihargai” itu? Bagaimana pula kita bisa mempraktikkannya di tempat kerja?

Tentu, cara menghargai orang lain bisa dilakukan dengan sederhana. Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk menunjukkannya kepada orang lain, seperti dikutip dari About.com.

1. Perlakukan setiap orang dengan kesopanan, keramahan, dan kebaikan.

2. Dorong rekan kerja untuk mau mengemukakan pendapat dan ide-idenya.

3. Dengarkan apa yang diucapkan orang lain sebelum Anda mengemukakan pendapat. Jangan pernah memotong perkataan orang dan jangan pernah mendominasi pembicaraan.

4. Gunakan ide orang lain untuk meningkatkan pekerjaan Anda. Tentu saja, biarkan dia mengetahui bahwa hal tersebut terjadi karena ide Anda. Selain itu, dorong dia untuk mewujudkan ideidenya.

5. Jangan pernah meremehkan atau melecehkan orang lain dan ide-ide yang diungkapkannya.

6. Jangan bersikap sinis dan mengkritisi hal-hal kecil. Jangan pula senang menghakimi dan melakukan bullying baik secara verbal maupun nonverbal.

7. Perlakukan setiap orang dengan cara yang sama tanpa memandang suku, agama, golongan, jenis kelamin, usia, ukuran, dan asal negara. Praktikkan aturan ini secara konsisten. Memperlakukan orang dengan cara yang berbedabeda bisa memicu pelecehan atau ketidaknyamanan dalam lingkungan pergaulan.

8. Ajak seluruh rekan kerja dalam setiap rapat, diskusi, training, dan acara-acara yang dilakukan rekan-rekan kantor. Jika tak semua orang bisa mengikutinya, jangan pilih kasih atau melakukan marginalisasi. Berikan kesempatan yang sama kepada setiap orang untuk berpartisipasi dalam sebuah proyek atau kegiatan.

9. Memujilah lebih banyak dibandingkan Anda mengkritik. Biasakan saling memuji antarrekan kerja seperti layaknya supervisor memuji bawahannya.

10. Perlakukan setiap orang seperti mereka ingin diperlakukan.

BANYAK cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghargaan kepada orang lain. Cara berikut jika dilakukan secara konsisten, maka akan menciptakan lingkungan kerja yang profesional.

1. Pujilah hasil kerja yang baik dari rekan kerja. Cobalah untuk spesifik memuji bagian mana yang paling Anda kagumi dari hasil kerjanya.

2. Ucapkan terima kasih sebagai tanda bahwa Anda menghargai kerja keras dan kontribusi mereka dalam membantu Anda. Bersikap manis dan sopan sangat dibutuhkan dalam lingkungan kerja. Itu artinya orang yang memiliki perilaku yang baik akan mendapat pujian dari rekan kerja.

3. Bertanyalah tentang keluarga, hobi, atau kegiatan akhir pekan mereka. Perhatian Anda terhadap seseorang akan membuatnya merasa berharga dan dipedulikan. Tentu saja, pertanyaan Anda harus dalam batas-batas tertentu agar tidak dianggap ingin tahu atau mencampuri urusan orang lain.

4. Jika memungkinkan, tawarkan hari libur yang fleksibel. Anda bisa mencocokkan hari kerja Anda dan rekan lainnya agar bisa mengatur hari libur masing-masing.

5. Cari tahu apa kesenangan rekan kerja Anda. Setelah itu, beri dia kejutan dengan memberinya hadiah. Pasti kejutan dari Anda akan menceriakan harinya.

6. Jika Anda tergolong pimpinan perusahaan, berikan bonus akhir tahun atau bonus-bonus lainnya sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras karyawan. Bahkan, sebuah kartu ucapan terima kasih juga tetap akan berkesan manis bagi karyawan.

7. Setiap orang pasti senang makan. Karena itu, ajaklah rekan kerja atau bawahan Anda untuk makan-makan saat ada acara khusus seperti ulang tahun, atau bahkan tanpa alasan apa pun. Biarkan mereka yang memilih teman makannya.

8. Ciptakan permainan atau tradisi yang menarik. Misalnya acara tukar kado saat akhir tahun atau saling bertukar makanan tiap satu minggu sekali.

9. Bawa makanan ke tempat kerja dan tawarkan kepada rekan kerja. Lebih baik lagi jika Anda membuatnya sendiri. Atau Anda bisa membawa cokelat karena cokelat selalu bisa mendatangkan suasana yang menyenangkan.

10. Bagi pemilik perusahaan, ciptakan kesempatan kepada karyawannya untuk mengembangkan diri. Misalnya, dengan menyertakannya ke acara seminar atau kegiatan yang bisa menambah wawasan dan keterampilannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar