Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 31 Agustus 2012

Kemampuan yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Public Relations

Banyak kaum wanita yang ingin menjadi seorang Public Relations (PR). Profesi yang berperan sebagai penghubung antara perusahaan dan organisasi dengan publiknya itu biasanya selalu dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik di depan orang banyak. Ini yang menjadikan mereka tampil lebih menonjol. Namun tak hanya itu saja, masih ada beberapa kemampuan lainnya yang harus dimiliki oleh seorang PR. Apa sajakah itu? Yuk, simak di sini.

1. Mampu Berkomunikasi dengan Baik
Menurut teori Frank Jefkins dalam bukunya yang berjudul 'Public Relations', persyaratan mendasar bagi seorang PR yaitu ia harus mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan. Dituntut untuk bisa berbicara di depan umum dan mampu melakukan presentasi. Tak hanya itu saja, seorang PR harus mampu membuat press release untuk dikirim ke media, mereka juga harus bisa membuat artikel dan feature untuk house jurnal yang akan diterbitkan oleh perusahaan. Menulis naskah pidato, menulis laporan, menulis brosur, hingga konsep iklan layanan masyarakat.

2. Kemampuan Kepemimpinan atau Mengorganisasikan
 Ini dapat diartikan sebagai kemampuan mengantisipasi suatu masalah baik di dalam organisasi, maupun di luar. Hal ini juga termasuk kemampuan untuk menyusun rencana kegiatan dan melaksanakannya sampai selesai, termasuk perincian anggarannya. Jika Anda ingin berprofesi sebagai PR, Anda diharapkan mampu mengorganisasikan berbagai macam kegiatan PR. Orang yang berprofesi di bidang tersebut harus mampu berpikir jernih dan obyektif.

3. Dapat Membina Relasi
 Anda juga harus mampu menciptakan networking dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan perusahaan. Seorang PR juga dituntut harus bisa bekerja sama dengan orang banyak. Pandai membina relasi itu penting untuk membangun opini positif terhadap perusahaan sehingga tercipta hubungan saling percaya satu sama lain. Tak heran bila orang yang cocok berprofesi sebagai PR itu adalah orang yang memiliki tipe kepribadian extrovert.

4. Selalu Jujur
Seorang PR harus memiliki kredibilitas yang tinggi, dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang lain. Informasi yang diberikan harus berlandaskan oleh fakta dan bukan sekadar kata-kata manis demi menaikkan popularitas perusahaannya. Selain itu, dalam menjalankan tugasnya ia harus mematuhi etika dan menjunjung tinggi moralitas. Meskipun seorang PR memiliki tugas untuk menjaga image atau citra perusahaannya agar tetap positif di mata publik, namun bukan berarti ia berhak menjatuhkan pihak lain atau saiangannya.

5. Kaya Ide & Kreatif
Berprofesi sebagai PR juga harus penuh dengan gagasan atau ide-ide yang cemerlang. Mereka juga harus kreatif. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang PR, maka Anda harus memiliki wawasan yang luas. Apabila masalah menghampiri, serumit apapun itu Anda harus bisa menemukan solusinya. Tak hanya itu saja, mengembangkan imajinasinya untuk mampu menciptakan kreativitas kerja juga harus diterapkan. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar