Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 02 Januari 2012

Yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Fitness

Saat ini banyak orang yang melakukan olahraga di pusat kebugaran atau dikenal dengan fitness center. Tapi sebaiknya ketahui hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat fitness.

Keselamatan merupakan hal yang penting ketika seseorang melakukan latihan atau olahraga dengan menggunakan alat-alat tertentu. Hal ini juga membantu mengurangi risiko cedera dan memberikan manfaat yang maksimal.

Untuk itu sebaiknya ketahui hal-hal apa saja yang sebaiknya dilakukan dan dihindari ketika sedang fitness, seperti dikutip dari Lifemojo, Senin (2/1/2012) yaitu:

Hal yang sebaiknya dilakukan:

1. Melakukan pemasanan, kadang orang melupakan bagian ini, padahal pemanasan sangat penting dilakukan sebelum latihan untuk mempersiapkan otot dan mencegah risiko cedera otot. Pemanasan bisa dimulai dengan berjalan beberapa menit untuk membuat otot siap.

2. Melakukan peregangan (streching)
Peregangan memiliki dampak positif terhadap rentang gerak tubuh dan fleksibilitas, serta mengurangi kekakuan dan ketegangan otot. Peregangan ini juga sebaiknya dilakukan setelah latihan selesai.

3. Membawa botol minum saat fitness
Ketika haus tubuh kadang melewatkan sinyal yang diberikan oleh tubuh hingga mengalami dehidrasi sebesar 2 persen. Jadi bawalah botol minum saat fitness, dan minumlah secara teratur sebelum, selama dan setelah fitness.

4. Konsultasikan dengan trainer, karena banyak orang yang gagal karena melakukan latihan yang salah sehingga tujuannya tidak tercapai. Trainer akan membantu melakukan latihan dengan benar serta merancang rencana latihan yang efektif sesuai dengan kondisi tubuh, usia dan tujuannya.

Hal yang tidak boleh dilakukan:

1. Mengangkat terlalu banyak beban, karena jika beban yang diangkat terlalu banyak dan diluar kapasitas tubuh bisa membuat otot-otot meregang. Untuk itu mulailah dari beban yang kecil sebanyak 12-15 kali, lalu secara bertahap ditingkatkan. Hal terpenting adalah mendengarkan sinyal dari tubuh.

2. Bersandar atau bertumpu pada alat, hal ini bisa menempatkan tekanan di pergelangan tangan dan punggung. Untuk itu harus teratur memeriksa postur tubuh selama latihan agar hasilnya optimal.

3. Mengangkat beban dengan dihentakkan, karena bisa menyebabkan cedera pada otot. Untuk itu lakukan secara perlahan termasuk pada angkat beban yang menggunakan mesin.

4. Tidak melakukan istirahat, jumlah istirahat yang cukup bisa mengurangi stres pasca latihan dan membantu dalam relaksasi otot sehingga bisa menjadi lebih kuat. Serta hindari melatih otot yang sama selama 2 hari berturut-turut.

(Sumber: detik.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar