Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Kamis, 19 Januari 2012

Cara Liburan Mental untuk Usir Stres Tanpa Pergi Berlibur

Kadang-kadang seseorang memang perlu untuk pergi berlibur, tetapi seringkali tidak memiliki waktu atau uang. Meskipun demikian, tidak perlu khawatir, karena sebuah liburan mental dapat membantu mengurangi stres. Asal tahu saja stres kecil dapat dengan cepat berkembang menjadi stres yang besar.

Satu peristiwa stres yang besar dapat menyebabkan penat dan tidak tahu bagaimana cara menangani stres tersebut. Dan liburan sangat membantu menjernihkan pikiran untuk dapat menangani masalah yang tadinya membuat stres.

Tetapi banyak orang yang seringkali tidak memiliki waktu atau uang untuk berlibur dadakan. Namun, sebenarnya tidak perlu untuk pergi ke mana pun, selain mengunjungi tempat yang tenang terdekat untuk mengambil liburan mental.

Jika tidak menemukan cara untuk mengurangi stres, maka dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik. Liburan mental dapat dilakukan dengan bersantai setiap hari dengan cara sederhana dan tentunya akan mendapatkan manfaat besar.

"Orang-orang yang terus-menerus mengalami banyak stres akan memiliki masalah fisik yang berkaitan dengan stres. Bahkan stres dalam periode yang singkat pun dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang. Sangat penting untuk melakukan suatu kegiatan yang dapat meringankan stres dalam rutinitas sehari-hari. Liburan mental bahkan dapat dilakukan hanya dengan menghabiskan waktu selama 5 menit di pagi hari dan 5 menit di malam hari," kata Sally R. Connolly, seorang terapis di Couples Clinic of Louisville, Louisville.

Visualisasi tempat bebas stres dan teknik relaksasi lainnya merupakan cara cepat dan mudah untuk membantu menenangkan dan menyegarkan seluruh tubuh dan dapat menyebabkan seseorang menajdi lebih bersemangat.

Berikut 6 cara yang disarankan Connolly untuk menjalani liburan mental yang dapat mengurangi stres seperti dikutip dari EverydayHealth, Kamis (19/1/2012) antara lain:

1. Membaca buku di tempat tidur

Kegiatan ini merupakan sebuah pelarian besar dan dapat membuat merasa segar dan rileks. Tempat tidur hangat dan nyaman merupakan tempat yang damai untuk meringankan stres. Membaca sebuah buku adalah cara sempurna untuk melupakan masalah yang menyebabkan stres, kemudian kembali fokus pada pikiran sendiri.

2. Visualisasikan relaksasi

Mencuri beberapa saat-saat tenang untuk menutup mata dan memikirkan suatu hal yang membuat santai, seperti sinar matahari yang hangat pada kulit dan suara laut atau suara aliran air. Kemudian dapat berpikir kembali setelah merasa damai dan santai.

3. Lihatlah foto-foto dari saat-saat bahagia

Melihat foto liburan keluarga atau makan malam yang menyenangkan dengan teman-teman dapat menenangkan dan menyegarkan. Refleksikan pada ingatan saat-saat bahagia tersebut, dan apa yang membuatnya begitu menyenangkan. Luangkan beberapa saat tenang untuk mengenang, maka dapat menyebabkan lebih santai dan tenang.

4. Melihat keluar jendela

Mengalihkan perhatian dengan berfokus pada sesuatu selain masalah atau tekanan yang membuat stres. Ambil secangkir kopi atau teh, menutup pintu, dan mengistirahatkan mental. Biarkan diri sendiri untuk melamun selama beberapa menit.

5. Mendengarkan CD relaksasi

Mungkin ingin mendengar burung berkicau, ombak yang bergulung, atau hujan lembut, tutup mata dan mendengarkan suara-suara menenangkan ketika melakukan pernapasan dalam dapat membantu untuk dapat lebih bersantai dan mengurangi stres.

6. Berjalan-jalan

Aktivitas fisik ringan adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres karena dapat mengalihkan pikiran dari stres yang dialami. Pergi keluar untuk berjalan-jalan pagi yang tenang dapat menyegarkan pikiran. Berjalan sepanjang jalan, pantai, atau tempat damai lainnya dapat menawarkan relaksasi.

Lakukanlah liburan mental selama 5-10 menit, atau 20 menit setiap hari dan melatih tubuh untuk rileks dapat mengurangi stres. Hasil liburan mental dapat sangat mengagumkan hanya dengan mengambil beberapa waktu setiap hari secara rutin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar