Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Kamis, 19 Januari 2012

Rasa Haus Bisa Bikin Anda Tambah Gemuk

Saat haus, terutama di tengah cuaca yang panas, orang biasanya lebih suka mengonsumsi minuman dingin dan manis ketimbang air putih, karena rasanya lebih menyegarkan. Tapi selama menikmati minuman dingin tersebut, banyak yang tidak menyadari bahwa mereka sudah 'menyumbang' banyak kalori untuk tubuhnya.

Konsumsi minuman di dunia memang semakin meningkat selama dan setelah abad 20. Dalam studinya, Dr. Barry Popkin menemukan adanya peningkatan konsumsi minuman manis bergula. Begitu juga dari American Heart Association, yang mengungkapkan bahwa dalam 30 tahun terakhir ini, asupan kalori manusia meningkat sekitar 150 - 300 kalori per hari. Dan setengah dari penyebab kenaikan itu berasal dari kalori minuman, terutama minuman bergula.

Hasil tersebut memang tak mengejutkan. Sekarang ini banyak orang dari berbagai kalangan dan usia, mulai dari balita hingga orang dewasa lebih banyak mengonsumsi minuman berkalori daripada air putih. Rata-rata, orang berusia 19-39 tahun mengasup 533 kalori per harinya, dan minuman bergula merupakan 'penyumbang' utama kalori berlebih.

Soda, merupakan salah satu minuman yang banyak mengandung gula dan kalori. Tapi masih banyak lagi minuman enak dan segar lainnya yang menyumbang banyak asupan kalori, dan menyebabkan Anda sulit mengontrol berat badan jika terus mengonsumsinya. Beberapa daftar minuman berkalori tinggi yang harus dibatasi konsumsinya, yaitu:

- Soda : 65 kalori
- Ice Lemon Tea : 90 kalori
- Energy Drink : 140 kalori
- Creme Frappuccino : 240 kalori
- Milkshake : 280 kalori
- Minuman rasa buah : 120 kalori

Beberapa jenis minuman di atas tidak hanya tinggi kalori, tapi kalori-kalori tersebut tidak menjadikan perut Anda kenyang. Artinya, meskipun telah mengonsumsi ekstra kalori dari minuman, hasrat Anda untuk makan makanan dengan porsi yang lebih sedikit tidak timbul. Hal ini menyebabkan pemasukan kalori dalam tubuh semakin meningkat setiap kali Anda minum minuman bergula.

Jadi mulai dari sekarang, jika Anda mendambakan bentuk tubuh indah dan berat badan ideal, jangan hanya memperhatikan jenis makanan, tapi juga minuman yang dikonsumsi. Saat berpikir untuk membeli iced cappuccino atau strawberry milkshake dengan krim, pertimbangkan lagi, apakah memang karena Anda sedang haus?

Jika ya, minumlah minuman yang benar-benar bisa mere-hidrasi tubuh tanpa memenuhinya dengan gula. Air mineral adalah pilihan yang aman, tapi air tonik dengan 125 kalori bukanlah solusi tepat untuk menghilangkan dahaga. Secangkir teh hijau juga minuman sehat pereda haus yang rendah kalori, tapi pilihlah green tea hangat atau dingin tanpa tambahan gula. Jika meminum green tea dengan gula dan susu, siap-siap untuk menampung sebanyak 200 kalori ekstra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar