Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 24 Januari 2012

Kebiasaan yang Buat Berat Badan Sulit Turun

Anda merasa sudah mengikuti tips-tips dan aturan diet dengan benar. Tapi berat badan tak kunjung turun? Tanpa sadar, seringkali kita melakukan beberapa kebiasaan yang bukan melangsingkan, tapi justru menambah bobot tubuh. Berikut ini enam hal penyebab berat badan Anda tak juga turun, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Mengharapkan Hasil yang Tidak Realistis
Diet seketat apapun, tidak akan membuat berat badan Anda turun 2 kg hanya dalam dua hari. Artinya, Anda harus menargetkan hasil yang realistis agar tidak kecewa dan akhirnya menghentikan program diet. Jangan bermimpi bisa turun berat badan 5 kg dalam tiga bulan jika yang Anda lakuka hanya olahraga 3 kali seminggu dan tetap mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi kalori. Ketika Anda berhenti diet karena kecewa dengan hasil yang didapat, tentu saja, berat badan Anda tak akan berkurang. Rencanakan program diet bersama ahli nutrisi dan fitness dengan instruktur. Konsultasikan bagaimana cara yang aman dan ideal untuk memiliki berat badan ideal.

2. Tidak Memeriksa Asupan Kalori
Diet untuk menurunkan berat badan memang menuntut Anda untuk belajar sedikit ilmu matematika. Kalori yang Anda konsumsi haruslah lebih sedikit dari kalori yang terbakar, itulah kunci sukses kurangi bobot tubuh. Jika Anda tidak juga berhasil mencapai target, mungkin karena Anda tidak menghitung konsumsi dan pengeluaran kalori sejak awal program diet.

3. Tidak (Kurang) Olahraga
Berat badan Anda tidak akan berkurang hanya dengan melakukan diet. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus menggabungkan diet dengan aktivitas fisik secara rutin. Tidak hanya membuat langsing, kombinasi diet dan olahraga akan membuat tubuh sehat dan mencegah tubuh Anda kembali gemuk dalam waktu yang lama.

4. Mengikuti Tipe Diet 'Iseng-iseng'
Dari waktu ke waktu, banyak ahli gizi atau ilmuwan yang menciptakan pola-pola diet tertentu yang seringkali hasilnya hanya sementara. Diet Atkins misalnya, melarang pediet mengonsumsi karbohidrat dan hanya fokus pada makanan berprotein tinggi. Jenis diet ini memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, tapi sampai berapa lama Anda harus makan tanpa karbohidrat, selamanya? Biar bagaimanapun, tubuh tetap memerlukan karbohidrat untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan aktivitas tubuh. Ketika Anda kembali ke pola diet yang biasa, tubuh pun akan kembali ke bentuk semula. Lupakan diet musiman dan ikuti diet sehat yang memasukkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang proporsional.

5. Tidur Tidak Nyenyak
Orang yang tidurnya berkualitas, dengan kata lain memiliki jam tidur yang cukup bisa menurunkan berat badan lebih efektif dibandingkan orang yang kurang tidur. Tidur kurang dari 7-8 jam sehari akan menyulitkan tubuh mengumpulkan energi untuk beraktivitas, juga mencerna makanan. Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengalami lelah setiap hari, metoblisme tubuhnya akan menurun. Metabolisme merupakan proses mengubah nutrisi makanan dan kalori menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Metabolisme rendah, berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga lebih sedikit. Jadi, pastikan tidur Anda cukup dan berkualitas.

6. Terlalu Banyak Konsumsi Garam
Konsumsi garam yang berlebihan membuat tubuh menahan air. Hal ini bisa membuat area perut tampak buncit. Sebab itu, hindari atau kurangi makanan yang banyak mengandung garam, salah satunya fast food. Biasakan menyajikan makanan tanpa menggunakan garam. Anda bisa menggantinya dengan berbagai macam bumbu dapur (rempah-rempah) untuk memperkaya rasa masakan. Pilih juga bahan makanan yang 'netral', seperti daging ayam tanpa kulit, susu skim, buah dan sayuran segar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar