Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Kamis, 31 Mei 2012

Destinasi Asyik Belanja Batik di Yogya

Oleh-oleh khas Yogyakarta yang tidak boleh ketinggalan saat berkunjung ke kota gudeg ini adalah batik. Ada banyak tempat di Yogya yang menjual batik aneka warna, model dan jenis, dengan harga yang bervariasi. Yuk, belanja batik!

Ketika mendengar kata Yogya, hal pertama yang terlintas di pikiran adalah batik. Ada banyak tempat asyik untuk belanja batik di Yogya, mulai dari batik kain hingga batik kayu. Berikut adalah 3 tempat belanja batik asyik di Yogya, yang dikumpulkan detikTravel:

1. Pasar Beringharjo
Pusat penjualan batik pertama yang bisa Anda datangi adalah Pasar Beringharjo. Pasar ini memang terkenal sebagai sentra penjualan batik yang ada di Yogya.
Pasar Beringharjo sudah ramai dikunjungi turis sejak pagi hari. Riuh obrolan ringan dan ajakan mampir dari para penjajak makanan akan menjadi sapaan khas saat Anda memasuki kawasan pasar ini di pagi hari.
Pasar batik besar ini terdiri dari 4 lantai, dan lantai 1 adalah pusatnya pedagang batik di Beringharjo. Ada banyak jejeran toko yang menjual aneka batik. Jenis batik yang dijual pun beragam, mulai dari pakaian batik hingga kerajinan berbahan dasar kain batik, seperti tas ada di pasar ini.
Batik di Beringharjo dijual dengan harga bervariasi, tergantung model, bahan, dan jenis batik. Tapi Anda tidak perlu kuatir, Pasar Beringharjo dikenal sebagai pasar yang menjual batik dengan harga murah. Jadi dijamin tidak membuat kantung jebol.

2. Malioboro
Tak jauh Beringharjo, ada juga tempat jualan batik yang bisa Anda datangi, yaitu Malioboro. Malioboro telah menjadi ikon Kota Yogya yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Banyak oleh-oleh khas Yogya yang bisa Anda beli, salah satunya aneka batik.
Sama seperti Pasar Beringharjo, Malioboro juga menjual aneka barang yang terbuat dari batik. Baju, celana, tas, bahkan syal yang terbuat dari bahan batik ada disini.
Untuk harga mungkin memang tidak semurah dengan yang ada di Beringharjo. Jika ingin mendapat harga yang murah, keluarkanlah segala kemampuan menawar Anda.

3. Desa Krebet
Yogya memang pantas disebut pusatnya batik. Di sini pelancong tidak hanya bisa menemukan batik dalam bentuk kain saja, tetapi juga batik di atas kayu, seperti yang ada di Desa Krebet.
Desa Krebet berada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Ini adalah desa wisata yang memiliki kerajinan membatik dengan menggunakan media kayu. Tak heran jika ada banyak ukiran kayu, seperti topeng, sandal, gelang dan aksesoris lain yang berbahan dasar kayu sengon, pule, dan mahoni.
Jika berkunjung ke desa ini, Anda tidak hanya bisa membeli batik unik ini, tetapi juga melihat proses pembuatannya secara langsung. Ternyata, hasil kerajinan dari Desa Krebet sudah terkenal hingga luar kota seperti Jakarta, Surabaya dan Bali. Bahkan, batik kayu ini telah diekspor ke Jepang dan Eropa. Wow!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar