Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 13 Maret 2012

Jenis Tanaman yang Perawatannya Gampang

Penghijauan di lingkungan rumah sangatlah penting untuk kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Salah satu hal yang sering menjadi masalah, adalah jika tanaman yang ditanam di rumah tidak cepat proses tumbuhnya, dan malah sering mati karena tidak mendapat sinar matahari dan perawatan yang kurang maksimal.

Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan tanaman-tanaman yang mudah tumbuh, tidak perlu sinar matahari yang banyak, tidak perlu perawatan dan pengairan ekstra, dan tentu saja tahan pada setiap kondisi cuaca.

Di bawah ini, terdapat beberapa jenis tanaman yang mudah tumbuh dan dapat mempercantik taman di rumah, seperti yang dikutip dari laman Greenlifestyle, Selasa (13/3/2012).

1. Sirih Gading


Sirih gading dikenal dengan nama lolo munding atau tali (Sunda), jalu mampang, sulang (Jawa) dan samblung (Bali). Sirih gading adalah tanaman merambat besar dengan batangnya yang bulat liat, berbulu, bagian pangkalnya sebesar lengan anak mempunyai akar-akar gantung yang panjang meliliti pohon.

Bentuk daunnya seperti daun sirih menyerupai jantung hati. Warna daunnya unik, bercampur kuning membentuk motif seperti marmer. Sirih Gading tak perlu perawatan khusus. Tanah gembur dicampur pupuk kandang adalah media tanam yang cocok, tanaman ini juga bisa hidup dengan akar yang tumbuh subur di media air.

Tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman pot gantung karena batangnya yang langsing penuh daun. Bila ditanam di tanah batangnya cenderung tumbuh membesar demikian pula daun-daunnya.

2. Lili Paris


Lili paris atau Chlorophytum termasuk tanaman hias yang populer karena relatif cepat tumbuh dengan daunnya yang menarik. Bunganya berwarna putih, bila tanaman sudah cukup dewasa akan tumbuh anakan-anakan kecil pada ujung-ujung batang di sekeliling tanaman.

Bila tanaman digunakan sebagai tanaman gantung kondisi ini akan membuat bentuk yang menarik. Anakan ini juga berfungsi sebagai alat perbanyakan. Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dengan lingkungannya, bisa tumbuh di tempat yang panas, sejuk, terkena sinar matahari langsung ataupun tempat yang terlindung.

3. Lidah Mertua

Tanaman satu ini memang terbilang bandel. Mereka suka akan banyak cahaya, tetapi juga bisa mengatasi kondisi minim cahaya. Tanaman ini juga dapat bertahan hidup pada kisaran suhu 4 derajat Celcius (C) hingga 37 derajat C, tapi akan tumbuh sehat dan bagus jika mendapatkan suhu pada siang hari antara 20 derajat Celcius hingga 23 derajat Celcius dan antara 15 derajat C hingga 18 derajat Celcius pada malam hari.

Media tumbuh bagi Sansevieria hanya berupa campuran dari tanah atau pasir, kompos, sekam bakar, atau bisa ditambah kapur sebagai penjaga kestabilan pH tanah. Jika tanaman ini ditempatkan di pot, sebaiknya dasar pot diberi pecahan genting supaya sirkulasi air bagus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar