Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Jumat, 02 Maret 2012

Ibu Hamil Sebaiknya Makan Makanan Ini!

Saat sedang hamil, menjaga kondisi tubuh dengan makanan bergizi dan vitamin sangat penting. Seringkali rasa mual membuat nafsu makan berkurang. Dengan sedikit makan makanan bernutrisi ini keseimbangan nutrisi bisa tetap terjaga.

Ibu hamil di trisemester pertama biasanya mengalami rasa mual dan tak enak badan. Karenanya nafsu makanpun menurun. Untuk menjaga kondisi tubuh, biasanya para calon ibu memilih suplemen dan vitamin sebagai pelengkap. Namun ada banyak sumber nutrisi alami yang memiliki manfaat hebat yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mudah didapat dan cocok untuk ibu hamil:

1. Brokoli
Sayuran hijau ini sangat baik karena banyak mengandung vitamin A dan C, plus bonus kalsium yang baik untuk membangun tulang yang kokoh pada bayi. Brokoli selain mudah didapat juga mudah diolahnya. Bisa dikukus, dibuat jus, dan dicampurkan pada makanan seperti pasta atau ayam.

2. Alpukat
Buah yang satu ini sangat kaya akan asam folat yang penting bagi pembentukan otak bayi dan sistem syaraf mereka. Alpukat juga kaya potassium, vitamin C, dan vitamin B6. Selain bisa membantu pertumbuhan otak bayi juga bisa membantu ibu hamil bebas dari rasa mual di pagi hari. Sebaiknya konsumsi dalam porsi yang cukup.

 3. Telur
Telur masih merupakan sumber nutrisi yang baik, rendah kalori namun mengandung protein yang tinggi dan baik untuk perkembangan otak dan pembentukan mata pada janin. Sebuah studi oleh Martek Biosciences telah membuktikan dengan dengan makan  telur yang mengandung DHA, maka ibu hamil berpotensi besar melahirkan bayi sehat.

4. Wortel
Sayuran berwarna oranye cerah ini mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk perkembangan tulang, gigi, dan mata bayi. Selain itu asupan wortel juga memberi sumber vitamin B6, vitamin C, dan serat yang bagus buat tubuh. Bisa dimakan segar atau dipakai sebagai campuran sayuran.

5. Bayam
Bayam dikenal kaya akan asam folat, zat besi, vitamin A, dan kalsium. Sayuran ini sangat baik untuk pembentukan sel-sel darah untuk bayi. Apalagi bayam juga mudah didapat, bisa dimakan mentah atau diolah menjadi sayuran yang lezat.

6. Yoghurt
Satu cup yoghurt mengandung banyak kalsium dan juga susu. Yoghurt juga mengandung protein dan asam folat. Yoghurt banyak dijual di supermarket dalam bentuk cup sehingga bisa langsung dikonsumsi. Bisa diolah menjadi  smoothies atau isian sandwich atau saus salad. Yoghurt juga dapat mencegah sakit perut serta infeksi jamur dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar