Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 26 Maret 2012

Agar Kulit Tidak Mengendur Pasca Turun Berat Badan

Salah satu masalah yang kerap dialami setelah melakukan diet ketat adalah kulit yang kendur dan terlihat menggelambir. Hal itu bisa terjadi karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dan drastis akibat mengikuti pola fad diet (diet sementara, misal: diet dukan, diet karbo).

Kulit Anda memiliki beberapa lapisan lemak. Ketika terjadi penurunan berat badan yang drastis dan cepat, tubuh tidak punya banyak waktu untuk menyesuaikan bentuk tubuh yang baru. Tubuh yang langsing namun terlihat kendur tentunya kurang menarik untuk dilihat. Jika tidak mau itu terjadi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan diet ketat.

1. Mulai Diet Selagi Usia Masih Muda
Jika berat badan berlebih sejak usia 20-an, pertimbangkan untuk diet saat Anda masih muda. Dikutip dari Health Me Up, semakin bertambah usia kulit akan lebih sulit menyesuaikan bentuk tubuh karena berkurang elastisitasnya. Tapi lakukanlah diet karena alasan kesehatan, bukan sekadar untuk penampilan. Hal itu akan membuat Anda termotivasi untuk menjalani diet sehat.

2. Turunkan Berat Badan Secara Bertahap & Perlahan
Diet jangka pendek lebih banyak mengurangi massa otot daripada lemak. Akibatnya, metabolisme terganggu, merusak kesehatan dan membuat tubuh lemah dalam waktu yang lama. Jangan terburu-buru menurunkan berat badan. Lakukanlah diet secara sehat, teratur dan bertahap. Tambahkan latihan angkat beban dalam rutinitas olahraga Anda. Angkat beban membantu membentuk otot yang akan mengencangkan kulit.

3. Kombinasikan dengan Pijat
Pemijatan yang tepat membantu mengencangkan otot dan kulit. Lakukanlah pijat secara rutin, minimal dua minggu sekali. Pijat sebaiknya dikerjakan oleh ahli atau staf terlatih agar lebih aman dan hasilnya efektif, karena mereka lebih mengenali anatomi tubuh.

4. Banyak Minum Air Putih
Air putih bisa meningkatkan elastisitas kulit sekaligus mempertahankannya. Minumlah air putih minimal dua liter sehari. Air putih juga sangat baik untuk membantu penurunan berat badan. Membuat perut terasa penuh tanpa kalori, sehingga mencegah Anda makan berlebihan.

5. Jaga Asupan Makan
Makanan yang tinggi protein seperti susu rendah lemak, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan juga mengandung kolagen yang membantu mempertahankan elastisitas kulit. Begitu juga dengan buah dan sayur, selain membantu proses penurunan berat badan juga mengencangkan kulit. Selain itu, sayur dan buah mengandung banyak air yang membantu kulit kembali ke bentuk semula setelah diet.

6. Hindari Diet Yo-yo
Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah; diet yang terlalu ketat atau pola diet salah bisa merusak elastisitas kulit. Diet ini juga mengurangi kemampuan kulit untuk kembali ke bentuk semula. Jadi hindari diet yo-yo dan pertahankan pola makan sehat serta olahraga rutin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar