Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Kamis, 06 Mei 2010

Hitung Waktu Tidur Anda

Tau ga sih kalo jumlah jam tidur seseorang tiap malam sangat berpengaruh terhadap kesehatan?

Selama ini kita paling hanya berpikir kalo ngantuk kita tidur; dan kalo kita belum selesai dengan semua tugas dan pekerjaan kita, maka begadanglah kita alias belom bisa tidur. Bahkan terkadang untuk membuat kita tetap terjaga sepanjang malam demi menyelesaikan suatu pekerjaan, kita sering mencekoki diri dengan minum kopi sampai beberapa gelas dalam semalam. Wewwww....... kayaknya harus mulai berhati-hati tuh buat yang doyan minum kopi, apalagi buat yang tiap merasa ngantuk dikit langsung minum kopi, wuihhhh bisa-bisa di dalam tubuh kita isinya penuh dengan cafein tuh..... Fiuhh....untung saya bukan pecinta kopi ^^

Hmm....sbenernya saya juga termasuk orang yang doyan begadang, walaupun terkadang begadangnya saya hanya untuk chatting dan main game hehe.... Tapiiiii ternyataaaa..... saya baru nemu info nih yang bilang bahwa tidak boleh terlalu sering begadang. Waktu tidur manusia itu minimal 6 jam dan maksimal 8 jam tiap harinya. Jika waktu tidur manusia kurang dari 6 jam atau bahkan melebihi 8 jam, maka kemungkinan besar untuk manusia tersebut lebih cepat meninggal. Lah?! Saya pernah 1x tidur selama 12jam tanpa pernah terbangun sedetikpun karena terlalu capeknya, walah....masa memperpendek umur ya?! Jiahhhhhhhhh.....seyem banget yah statementnya wew....

Untungnya selama ini saya seringkali tidur selama 6-8 jam tiap harinya. Tapi kalo begadang, trus baru tidurnya tengah malam atau bahkan subuh dan bangunnya baru 6-8jam kemudian, apakah masih termasuk tidur efektif yang baik atau tidak ya? Secara kalau yang saya tau kan mulai jam 9 malam bagian dalam tubuh kita sudah mulai "beristirahat" dan "memperbaiki diri". Nah.....kalo kita baru tidurnya jam 1 pagi, atau bahkan subuh karena begadang tapi waktu tidur kita tetap 6-8 jam, apakah masih dibilang tidur kita termasuk tidur yang sehat? Saya rasa jawabannya tidak sehat yah..... Karena itu berarti organ-organ tubuh kita terus dipaksa "bekerja" melebihi kapasitasnya. Padahal seharusnya organ-organ tubuh kita tersebut punya jatah untuk beristirahat pada jam 9 malam - jam 5 pagi. Nah loh?! So, gimana donk?! 

Jadi itu artinya, walaupun hampir tiap hari kita tidur selama 6-8 jam tapi kalau kita sering begadang, maka akan sia-sialah usaha kita untuk memeperpanjang usia dan hidup sehat.

Be careful about your sleep!!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar