Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Selasa, 20 Desember 2011

Tips Aman Naik Angkot

Aneka kasus kejahatan di angkutan umum, membuat para perempuan yang gemar traveling harus waspada. Sebabnya, angkot terkadang menjadi pilihan untuk bepergian saat traveling di beberapa daerah. Ikuti 8 tips naik angkutan umum agar perjalanan terasa aman.

Inilah 8 cara memilih angkutan umum yang aman, yang dihimpun detiktravel, Selasa (20/12/2011):

1. Periksa nomor trayek dan jurusan

Sebelum memilih angkot, jangan lupa untuk memeriksa nomor trayek dan jurusan. Pastikan Anda tidak salah naik. Salah naik, bisa menimbulkan kebingungan pada diri sendiri. Situasi seperti ini bisa dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan pada Anda. Untuk mencegah itu semua, selalu pastikan nomor trayek.

2. Pilih angkot berkaca bening


Ini imbauan penting dari polisi untuk memilih angkot yang berkaca bening. Ini dimaksudkan agar keadaan dalam angkot bisa terlihat dari luar, baik banyak penumpang yang ada maupun sopir. Selain itu, angkot yang memiliki kaca bening juga merupakan salah satu kontrol masyarakat. Jika terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, masyarakat di luar bisa melihat dan menolong Anda.

3. Pilih angkot dengan sopir berseragam dan ID

Sekarang ini, sebagian sopir angkutan umum di kota besar telah dilengkapi dengan seragam dan tanda pengenal. Sopir yang telah mengenakan seragam dan tanda pengenal telah terdaftar sebagai sopir angkot resmi, ini akan menghindarkan Anda dari naik angkot dengan sopir gadungan. Tidak hanya itu, lewat tanda pengenal, Anda bisa mencatat dan melaporkan sopir jika terjadi hal tidak menyenangkan selama di dalam angkot.

4. Jangan tidur di dalam angkot


Meskipun telah lelah melakukan perjalanan seharian, jangan sampai Anda tertidur di dalam angkot. Ini sangat berbahaya,karena membuka peluang untuk orang-orang melakukan tindakan kejahatan, seperti pencopetan maupun penculikan.

5. Jangan terima makanan dan minuman dari orang tak dikena
l

Sebaik apapun orang yang Anda temui, jangan pernah mau menerima makanan dan minuman dari orang tak dikenal. Hal ini untuk mencegah pembiusan yang sedang marak terjadi.

6. Jangan sendirian

Bagi perempuan, hindari bepergian sendiri saat naik angkutan umum. Ajaklah teman, terutama di malam hari. Ini untuk meningkatkan keamanan Anda, dan mencegah tindak kriminal, seperti pemerkosaan yang sempat terjadi di dalam angkot.

7. Hindari menggunakan baju terbuka


Saat memilih bepergian menggunakan angkutan umum, pakailah pakaian yang tertutup. Jangan gunakan pakaian yang memamerkan lekuk tubuh Anda. Pakaian yang menonjolkan lekuk tubuh bisa mengundang pria-pria usil untuk mengganggu Anda, atau bahkan melakukan tindakan yang tidak menyenangkan. Jadi, hindarilah!

8. Jangan perlihatkan perhiasan

Pakailah perhiasan seperlunya, jangan berlebihan. Dengan menggunakan perhiasan seperlunya, bisa menghindari Anda dari penjambretan yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.


Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar