Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 29 Maret 2010

Musik Mulai Gantikan Agama?

LONDON  - Mendengarkan musik atau menonton DVD dinilai telah menjadi fokus kehidupan spiritual bagi sebagian masyarakat. Menurut akademisi University of Leicester, Dr Clive Marsh musik dan film bagi masyarakat modern seolah telah menjelma menjadi sebuah agama.

Mendengarkan musik dan menonton video telah menjadi 'ibadah' rutin masyarakat modern. Marsh mengatakan forum penggemar musisi di dunia maya kini tak hanya membahas masalah lirik tapi juga mengeksplorasi unsur filosofi dan moral yang terjadi di dunia modern saat ini.

Marsh mempelajari hubungan antara agama dengan budaya popular (Popular Culture) selama 15 tahun. Ia mengumpulkan studi tentang pentingnya musik dalam kehidupan masyarakat. Demikian dilansir Telegraph, Jumat (25/3/2010).

"Anda dapat melihat banyak orang saat ini mendengarkan musik melalui iPod dan menikmati dunianya masing-masing," kata Marsh.

"Saya sangat tertarik untuk meneliti tentang cara orang mengartikan musik, dan apa yang mereka lakukan dengan musik," tambah Mars.

Berangkat dari pemikiran tersebut, Marsh meneliti sekira 200 orang di Inggris dan Amerika Serikat. Awalnya, Mars berinteraksi dengan penggemar grup band rock asal Irlandi U2.

Dari penelitian tersebut, Marsh menemukan bahwa komunitas penggemar tak hanya berbicara mengenai musik, Film atau TV, tapi mereka juga mencoba untuk merefleksikan apa yang mereka dengar dan menerapkannya dalam kehidupannya dan membantu mereka untuk mengembangkan pandangan poltik, moral dan Agama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar