Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 06 Desember 2010

Hobi Kucek Mata Bisa Sebabkan Rabun Jauh

Mengucek atau menggosok-gosok mata saat terasa gatal atau ada sesuatu yang mengganjal, malah akan membuat mata terasa perih dan merah. Mata yang merah dan perih disebabkan oleh iritasi akibat gesekan saat mengucek mata. Tidak hanya itu, mengucek mata juga bisa melemahkan otot yang ada di mata.

"Mengucek mata, yoga dengan kepala di bawah, tidur dengan wajah menempel pada bantal atau berenang merupakan berbagai aktivitas yang bisa menyebabkan penekanan mata meningkat," ujar Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnal yang telah dipublikasikan berjudul Optometry and Vision Science, seperti dikutip dari Science.

Pada kasus mengucek mata, terjadi efek kombinasi menutup mata dan kekuatan mengucek mata yang bisa meningkatkan tekanan lebih tinggi lagi. Mengucek dengan keras bisa meningkatkan tekanan hingga 10 kali lebih tinggi dibanding tekanan normal.

"Tekanan yang normal akan memberikan konsekuensi yang sedikit, tapi tekanan pada mata yang kuat dalam jangka waktu yang lama dan terjadi secara berulang bisa memberikan kontribusi pada kerusakan mata seperti glaukoma, lebih cepat terkena rabun jauh, conical kornea atau bisa juga menyebabkan kebutaan," ujar Professor Charles McMonnies.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar