Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Rabu, 25 Agustus 2010

Ruang Pribadi dalam Pernikahan

Ruang pribadi adalah hak setiap manusia. Saat ruang pribadi kita dilangkahi atau dirusak paksa, maka otomatis kenyamanan Anda akan berkurang. Begitu juga dalam pernikahan.

Walau sudut pandang Anda dari 'saya' telah diubah menjadi 'kita', namun ada kalanya Anda butuh 'ruang' untuk menyendiri. Berikut beberapa manfaat memiliki ruang pribadi dalam rumah tangga.

1. Mandiri
Jika Anda memiliki ruang pribadi, maka beberapa keputusan pribadi pun Anda lakukan sendiri. Misalnya, mengenai masalah di kantor atau mengatur keuangan keluarga. Ketergantungan dengan suami pun akan berkurang. Anda tak lagi menambah pikirannya dengan hal-hal yang bisa Anda putuskan sendiri.

2. Ruang nyaman saat bertengkar

Saat bertengkar dengan suami, ada kalanya Anda ingin sendiri terlebih dahulu. Jika suami menghormati ruang pribadi         Anda, ia pun akan mengerti dan memberikan waktu hingga rasa nyaman datang kembali.

3. Lebih dewasa dalam mengatur rumah tangga
Ruang pribadi Anda juga berlaku dengan seluruh keluarga besar. Sebagai pengantin baru, pasti tak sedikit dari Anda yang merasakan intervensi dari orang tua juga mertua. Hal itu wajar, karena mereka menganggap Anda dan suami adalah 'pemula'
di bidang rumah tangga. Namun Anda juga harus menarik batasan yang jelas. Jika orang tua dan mertua terlalu sering ikut campur, maka otomatis, Anda dan suami akan selalu bergantung pada mereka. Alhasil hubungan pernikahan Anda pun tak kunjung dewasa.

Namun satu hal harus diingat, walau ruang pribadi Anda tak hilang, namun dalam sebuah pernikahan, komunikasi harus tetap terjaga. Tak ada salahnya berbagi dengan pasangan untuk meringankan Anda, tanpa bermaksud melewati batas ruang pribadi masing-masing.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar