Welcoming

Hi pals...nice to meet u all here ^_^
Please feel free to search any info which u need.


Senin, 09 April 2012

Olahraga Sesuai Postur Tubuh Agar Hasilnya Maksimal

Sering merasa sakit atau pegal di bagian tubuh tertentu setelah olahraga? Bisa jadi itu karena Anda melakukan gerakan olahraga yang tidak sesuai dengan keadaan tubuh.

Menurut Henry, seorang instruktur dan konsultan fitnes, porsi atau intensitas olahraga bukanlah satu-satunya penentu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan indah. Lebih dari itu, olahraga juga harus memerhatikan postur tubuh.

"Kuncinya adalah pengaturan pola makan disertai olahraga yang tepat. Bukan hanya porsi olahraga, tapi juga melibatkan postur tubuh. Banyak orang sudah olahraga dengan porsi yang tepat, tapi mereka tidak menyadari ternyata postur tubuhnya tidak seimbang," jelas Henry kepada wolipop, belum lama ini.

Henry menambahkan, jenis olahraga yang kurang sesuai dengan postur tubuh akan menimbulkan sakit dan pegal yang berkepanjangan. Misalnya saja, bahu dan lower back sering sakit setelah berolahraga, atau lutut yang nyeri. Untuk itu sebelum menentukan jenis olahraga yang akan Anda lakukan, sebaiknya kenali dulu postur tubuh.

Pengajar fitnes di Light Spa ini menjelaskan, ada tiga tipe tubuh yang terbagi berdasarkan jenis latihan yang harus dilakukan. Seperti apa?

1. Ectomorph
Tipe atau postur tubuh ectomorph adalah tinggi, pinggang yang ramping dan hanya sedikit kelebihan lemak. Tipe Ectomorph cenderung berbentuk lurus sehingga terlalu banyak olahraga akan membuat tubuh tampak makin kurus. Dengan latihan kekuatan yang tepat, akan membentuk otot yang bagus.

Untuk itu, olahraga yang harus dilakukan tipe Ectomorph adalah:
- Muscle strength: angkat beban dengan frekuensi rendah dan beban yang berat, durasi di bawah 45 menit.

- Fleksibilitas: latihan ini memanjangkan otot (tangan atau kaki lebih mudah menggapai benda-benda yang jauh) dan menjaga kestabilan persendian. Bisa dilakukan dengan Yoga dan Pilates.

- Latihan Motorik: melatih kekuatan otot, ketahanan otot dan pembuluh darah. Jenis olahraga martial arts (kickboxing, muaythai), panjat tebing, mendaki gunung, bersepeda.

2. Mesomorph
Otot tubuh mudah terbentuk, bisa menjaga kekencangan dan kekuatan otot. Kekurangannya, tubuh bisa jadi terlalu kekar di bagian-bagian yang tak diinginkan jika olahraga tidak tepat.

Solusinya, adalah melakukan olahraga yang kurang lebih sama dengan tipe tubuh ectomorph. Hanya saja lakukan dalam intensitas tinggi dan cepat. Lakukan juga olahraga yang bisa membakar lemak dengan cepat, misalnya kickboxing atau aerobik.

3. Endomorph
Tipe ini cenderung mudah gemuk, sulit dalam pembentukan otot dan biasanya banyak dimiliki wanita. Postur tubuh ini besar di bagian atas (terutama perut dan paha) namun mengecil ke bawah.

Olahraga yang diperlukan adalah:
- Muscle strength

- Fleksibilitas

- Latihan motorik

- Kardiovaskular: latihan ini memacu detak jantung 65-75 persen, sehingga meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru untuk mengalirkan suplai oksigen yang memadai untuk melatih otot. Bentuk latihan adalah jogging, lari, sepeda dan renang.

- Muscle endurance: latihan ketahanan otot, dilakukan dengan olahraga body pump (angkat besi). Repetisi tinggi, antara 12-20 kali per sesi dan beban rendah, dilakukan selama 45-50 menit.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar